Cara Mengetahui Password Wifi Tanpa Aplikasi

Cara Mengetahui Password Wifi Tanpa Aplikasi

Tidak semua orang paham terkait cara mengetahui password wifi baik tanpa aplikasi ataupun dengan aplikasi tambahan. Padahal hal ini sangat penting karena lupa password wifi menjadi hal wajar dari dulu, bayangkan saja apa yang terjadi jika anda tidak paham caranya, pasti akan sangat menyusahkan. Ditambah  dalam posisi tersebut anda tidak memiliki kesiapan yang matang untuk menghadapi problem ini, misalkan belum sempat menginstall aplikasi tambahan atau bahkan belum mendownloadnya. 

Memang banyak sekali aplikasi tambahan yang bisa anda gunakan untuk melihat password wifi yang terlupa, tetapi apakah anda yakin anda sudah memilikinya? Atau bahkan jika anda sudah memilikinya, apakah anda yakin aplikasi tersebut bersih dari virus-virus nakal? Menurut saya potensi resikonya tidaklah sepadan.

Kemungkinan masalah berikutnya adalah, tidak semua laptop yang dimiliki kaum dhuafa dalam kondisi baik-baik saja atau dalam kondisi prima, ada yang sudah lemot karena spek terlalu rendah, ada yang tidak support dikarenakan spesifikasi memenuhi syarat, ada juga yang tidak kompatibel antara software dengan OS, dan masih banyak problem tak terduga lainnya. Dari sini saya tergugah untuk berbagi cara mengetahui password wifi tanpa aplikasi tambahan satupun.

Perlu anda tahu, sebenarnya OS atau Windows bawaan laptop anda sudah memberikan bekal yang cukup untuk mengatasi masalah lupa password wifi tersebut, setidaknya ada 3 cara yang bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah lupa password tanpa memunculkan masalah lain yang disebabkan aplikasi tambahan. Diantaranya adalah:

Cara Mengetahui Password Wifi Tanpa Aplikasi Menggunakan Pengaturan Windows

Cara mengetahui password wifi tanpa aplikasi yang satu ini adalah pilihan yang sangat umum digunakan, karena kebanyakan orang bisa menemukannya tanpa harus menjadi ahli dengan mengikuti dan mencoba-coba menu pengaturan pada laptop kesayangan.

Baca juga : Cara Memperjelas Foto Yang Buram Online

Hanya saja perlu kalian tahu, update atau perkembangan OS Windows terutama di Windows 7 dan 10 membuat posisi atau letak menu pengaturan khususnya WiFi Setting jadi berbeda. Mungkin langsung saja kita lihat tutorialnya :

Windows 7

Cara ini bisa digunakan jika laptop yang anda gunakan berbasis Windows 7 dan sudah pernah terhubung sebelumnya ya, bukan untuk wifi baru ataupun membobol wifi tetangga. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Klik pada bagian paling kiri bawah pada laptop anda, atau logo Windows di taskbar
  2. Setelah anda mengklik logo tersebut akan muncul beberapa menu, ada langkah ini pilihlah menu Control Panel
  3. Dalam Control Panel terdapat banyak opsi lain, pada bagian ini klik pada bagian Network and Internet
  4. Nah pada opsi ini anda akan menemukan Network and Sharing Centre, cukup dengan klik satu kali anda akan menemukan histori jaringan wifi yang pernah terkoneksi dengan laptop anda, bisa jadi sangat banyak.
  5. Pilih nama Wifi yang ingin anda lihat passwordnya, sudah pasti akan muncul kolom yang berisi status jaringan Wifi tersebut, klik pada kolom Wireless Properties 
  6. Langkah selanjutnya anda harus memilih tab yang bertuliskan Security, pada tab ini anda akan terdapat beberapa opsi mulai dari type, security key, dan sebagainya
  7. Dalam tab tersebut anda akan lihat tulisan yang disensor dengan titik-titik pada kolom password dengan centang kosong di bawahnya. Langkah terakhir yang harus anda lakukan adalah mencentang pada kolom Show Password tersebut. 
  8. Selamat problem anda terpecahkan…

Windows 10

Windows 10 memiliki posisi menu dan tampilan pengaturan yang agak berbeda dengan pendahulunya terutama windows 7, meskipun sebenarnya fasilitas untuk mengatasi cara mengetahui password wifi tanpa aplikasi itu sama. Namun bagi anda yang belum terbiasa atau paham, saya akan share juga cara mengetahui password wifi tanpa aplikasi di windows 10.

  1. Untuk memulai cara ini anda perlu melihat Icon Wifi pada taskbar, arahkan kursor ke icon tersebut, dan klik kanan
  2. Setelah itu, akan muncul 2 pilihan Troubleshoot problems dan Open Network & Internet setting, pilihlah Open Network & Internet setting, pilihan ini akan melemparkan anda ke setting – Network & Internet. 
  3. Kemudian pada kolom setting – Network ini pastikan anda tetap di tab Status, biasanya tab status berada di posisi teratas atau tab pertama pada pengaturan
  4. Isi dari tab status bisa anda lihat di sebelah kanan, di sana terdapat beberapa pilihan yang berupa link, klik saja link terakhir yakni Network and Sharing Centre
  5. Nah link tersebut adalah shortcut yang akan melemparkan anda pada jendela baru, yang mana logo atau gambar wifi bisa dilihat di kolom Connections, dan klik satu kali pada bagian ini
  6. Dari sini lah muncul kolom inti dengan title WiFi Status, pencet saja pada Wireless Properties, untuk memanggil jendela terakhir
  7. Pada jendela terakhir ini, terdapat dua tab dengan title Connection dan Security, geser kursor anda dan arahkan ke tab sebelah kanannya yakni Security
  8. Dengan ini anda telah berhasil menemukan sumber masalah dari lupa password, pada baris ke tiga atau baris Network security key password anda mungkin masih berupa titik-titik, anda bisa membacanya dengan mencentang Show characters
  9. Selamat mencoba.

Baca juga : Cara Memperbesar Ukuran PDF

Cara Mengetahui Password Wifi Tanpa Aplikasi Melalui CMD / Command Prompt

Berbeda dengan cara sebelumnya, cara mengetahui password wifi tanpa aplikasi tambahan yang ini membutuhkan pengetahuan khusus karena anda tidak akan menemukan perintah Command Prompt di pengaturan. Uniknya cara ini tidak memiliki perbedaan baik di Windows 7 maupun windows 10 alias sama saja. 

Cara ini menggunakan kata perintah yang dituliskan dengan benar pada CMD, jika ada salah penulisan atau typo pada satu huruf saja sistem tidak akan merespon. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan untuk melihat password wifi dengan cara ini adalah anda harus masuk buka CMD terlebih dahulu dengan cara klik Logo Windows di pojok kiri bawah dan pillih Command Prompt. Cara lain yang bisa digunakan untuk membuka CMD adalah dengan memencet tombol ctrl + R secara bersamaan, tombol ini merupakan shortcut khusus untuk memanggil CMD secara langsung.
  2. Setelah CMD muncul ketikkan perintah “netsh wlan show profiles” tanpa tanda petik kemudian pencet enter. Ingat, jangan ada typo satu kata pun. 
  3. Langkah selanjutnya ketik perintah “netsh wlan show profile name (tulis nama wifi yang akan dilihat passwordnya) key=clear” dan enter
  4. Lihat pada baris yang bertuliskan key content, itulah password wifi yang sudah bikin anda resah

Demikian adalah 2 cara mudah mengetahui password wifi tanpa aplikasi tambahan satupun, baik melalui sistem pengaturan Windows maupun melalui Command Prompt. Saya pribadi sangat merekomendasikan 2 cara ini karena menurut saya lebih simple dan cepat dari pada harus mencari, mendownload dan menginstall aplikasi tambahan yang notabene membuat laptop kesayangan semakin lemot dan beresiko terinfeksi virus-virus liar. 

Selamat mencoba…

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.