Cara Mengecilkan File PDF Menjadi 200 Kb

Cara Mudah Mengecilkan File PDF Menjadi 200 Kb, Anti Gagal!

Cara mengecilkan file PDF menjadi 200 kb itu gampang. Sangat gampang. Apalagi sekarang sudah banyak tersedia situs edit/modifikasi file PDF yang bisa diakses secara gratis. Cukup bermodalkan smartphone dan, tentu saja, koneksi internet. Itu saja sih.

Nah, bagi Anda yang sedang butuh cara memperkecil ukuran file PDF, entah demi memenuhi persyaratan administrasi seleksi CPNS, atau demi keperluan yang lain, silakan baca artikel ini hingga tuntas.

Karena melalui artikel ini, kami akan berikan informasi tentang cara mudah memperkecil ukuran file PDF. Prosesnya cepat dan praktis. Dijamin anti gagal. So, simak penjelasannya di bawah ini:

Mengecilkan File PDF Menjadi 200 Kb Lewat Situs Smallpdf.com

Cara pertama untuk mengecilkan file PDF menjadi 200 KB, bisa dilakukan dengan memakai layanan gratis dari situs SmallPDF. Tak perlu pakai perangkat komputer, cukup dengan gawai. Tak perlu pula instal aplikasi tertentu yang hanya menuh-menuhin memori belaka.

Caranya? Ikuti saja langkah-langkah berikut:

  • Pertama-tama, siapkan file PDF yang hendak diperkecil ukurannya. Silakan letakkan file tersebut di sebuah folder penyimpanan pada perangkat ponsel Anda. Tujuannya supaya memudahkan Anda saat proses unggah file.
  • Silakan buka situs web berikut: https://smallpdf.com melalui web browser pada ponsel Anda.
  • Saat sudah masuk laman SmallPDF akan muncul banyak jenis layanan yang ditawarkan. Silakan pilih layanan “Compress PDF” atau “Mengompres PSF” berwarna merah.
  • Kemudian klik menu “Pilih File” untuk mengunggah dile PDF yang hendak diperkecil ukurannya. Atau bisa juga dilakukan dengan cara menyeret file PDF ke bidang kotak berwarna merah yang disediakan, namun cara ini umumnya kalau Anda menggunakan perangkat komputer/laptop. Tunggu hingga file berhasil terunggah.
  • Jika file sudah berhasil terunggah, silakan pilih jenis layanan kompresi file. Ada dua jenis layanan kompresi yang tersedia, yaitu (1) “Basic Compression” atau “Kompresi Dasar” dan (2) “Strong Compression” atau “Kompresi Kuat”. Bila Anda pengguna gratisan, maka hanya bisa menggunakan jenis “Basic Compression” atah “Kompresi Dasar” yang hanya dapat mengurangi ukuran file sebesar 40%. Sementara jenis layanan “Strong Compression” atau “Kompresi Kuat” yang bisa mengurangi ukuran file hingga 75% diperuntukkan bagi pengguna yang berlangganan. 
  • Lalu klik tombol “Compress” atau “Kompres” berwarna biru, dan tunggu hingga proses selesai.
  • Untuk mengunduh dan menyimpan hasilnya, silakan klik tombol “Download”. Selesai.
Baca Juga:  Cara Memisahkan File PDF Dengan Mudah Yang Bisa Anda Coba

Catatan: bila hasil kompresi masih di atas 200 Kb, silakan file PDF hasil kompresi tersebut dilakukan kompresi ulang dengan mengikuti langkah-langkah di atas, hingga hasilnya sesuai dengan yang diinginkan, yaitu maksimal 200 Kb.

Sangat mudah, bukan?

Baca juga : Cara Mengetahui Password Wifi Tetangga yang Belum Terhubung

Mengecilkan File PDF Menjadi 200 Kb Lewat situs SodaPDF.com

Berikutnya, cara memperkecil file PDF menjadi 200 Kb dapat dilakukan melalui bantuan situs edit/modifikasi PDF bernama SodaPDF. Situs ini sama dengan SmallPDF yang dapat diakses secara gratis. Tanpa perlu menginstal aplikasinya, dan dapat dilakukan hanya dengan menggunakan perangkat ponsel.

Caranya pun tak jauh berbeda. Cukup siapkan file PDF yang akan diperkecil ukurannya pada perangkat yang Anda gunakan. Silakan letakkan file tersebut di sebuah folder penyimpanan khusus, supaya memudahkan proses unggah file. Selanjutnya ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka situs SodaPDF (https://sodapdf.com/compress-pdf/) melalui web browser di perangkat ponsel Anda.
  •  Kemudian klik “Choose File” untuk mengunggah file PDF yang sudah Anda siapkan untuk diperkecil ukurannya. Silakan pilih opsi “From Device” bila memang file PDF yang Anda siapkan itu diletakkan di folder penyimpanan ponsel, bukan di Google Drive ataupun Dropbox. Tunggu hingga proses unggah file berhasil.
  • Kemudian pilih jenis layanan kompresi. Silakan pilih opsi “Regular Compression” bagi Anda pengguna layanan gratis. Opsi ini hanya mampu mengurangi ukuran file sekitar 40% saja. Namun bila Anda menginginkan opsi “High Compression” yang memiliki kapasitas pengurangan ukuran file hingga 85%, silakan menjadi pengguna non-gratisan, alias berlangganan.
  • Jika sudah menentukan jenis layanan kompresi, silakan klik tombol “Compress File”, dan tunggu hingga proses selesai.
  • Untuk mengunduh dan menyimpan hasilnya, silakan klik tombol “Download File”. Selesai.
Baca Juga:  Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Dengan Mudah, Dijamin Berhasil!

Catatan: bila hasil kompresi masih di atas 200 Kb, silakan file PDF hasil kompresi tersebut dilakukan kompresi ulang dengan mengikuti langkah-langkah di atas, hingga hasilnya sesuai dengan yang diinginkan, yaitu maksimal 200 Kb.

Bagaimana, tidak sulit kan?

Mengecilkan File PDF Melalui Situs Bigpdf.11zon.com

Cara selanjutnya untuk memperkecil file PDF menjadi 200 Kb bisa dilakukan melalui bantuan situs edit FDP bernama BigPDF. Sama dengan dua situs sebelumnya, layanan edit file pada situs BigPDF dapat diakses secara gratis. Tanpa perlu instal aplikasi, cukup mengakses situsnya secara langsung, baik via ponsel maupun perangkat komputer. Yang diperlukan hanya fasilitas internet yang memadai.

Untuk melakukannya, Anda bisa ikuti step-step berikut ini:

    • Pertama, siapkan file PDF yang hendak dikecilkan ukurannya. Silakan taruh di sebuah folder khusus di penyimpanan ponsel Anda, agar proses unggah file berjalan dengan mudah.
    • Kemudian buka situs BigPDF berikut: https://bigpdf.11zon.com/en/compress-pdf/best-pdf-compressor-online.php melalui web browser pada perangkat yang Anda gunakan.
    • Lalu silakan upload file PDF yang telah disiapkan untuk diperkecil ukurannya dengan cara klik “Sellect PDF” atau “Pilih PDF”. Tunggu hingga proses unggah/upload file berhasil.
    • Setelah proses unggah file berhasil, silakan atur tingkat kompresi yang dikehendaki. Caranya dengan menggeser tombol garis prosentase pada entri “Compression Level” yang bila digeser ke arah kanan akan berubah warna menjadi biru. Semakin digeser ke kanan, semakin besar prosentasenya.
    • Bila sudah ditentukan tingkat prosentase kompresinya, silakan klik tombol “Compress” berwarna biru, dan tunggu prosesnya hingga selesai.
  • Untuk menyimpan hasilnya, silakan klik “Download”. Selesai.

Baca juga : Cara Mengetahui Password Wifi Tanpa Aplikasi

Catatan: bila hasil kompresi masih di atas 200 Kb, silakan file PDF hasil kompresi tersebut dilakukan kompresi ulang dengan mengikuti langkah-langkah di atas, hingga hasilnya sesuai dengan yang diinginkan, yaitu maksimal 200 Kb.

Baca Juga:  ASUS Zenbook 14X OLED (UX5401), Laptop Terbaru Untuk Pebisnis

Tidak terlalu sulit kan?

Mengecilkan File PDF Lewat Situs PDF Compressor

Cara lainnya untuk mengecilkan file PDF menjadi 200 Kb bisa dilakukan melalui bantuan situs PDF Compressor. Sebuah situs edit/modifikasi file yang bisa diakses secara gratis untuk tiap-tiap fitur layanannya sama seperti situs-situs web sebelumnya. Untuk memanfaatkannya Anda tak perlu repot menginstal aplikasinya, juga bisa dilakukan hanya lewat ponsel pintar. Pastinya, koneksi internet adalah modal utama yang harus disiapsediakan.

Bagaimana caranya? Pertama-tama tentu siapkan terlebih dahulu File PDF yang akan diperkecil ukurannya. Silakan siapkan file tersebut di sebuah folder khusus pada penyimpanan ponsel Anda, supaya memudahkan  proses selanjutnya.

  • Kemudian buka situs PDF Compressor berikut: https://pdfcompressor.com melalui web browser pada perangkat yang Anda gunakan.
  • Silakan klik menu “Unggah File” berwarna biru untuk mengunggah file PDF yang telah Anda siapkan untuk diperkecil ukurannya. Catatan: situs yang satu ini akan secara otomatis mengompres file ketika file sudah berhasil diunggah. Jadi, tidak ada opsi menu “Compress” yang perlu diklik untuk memulai proses kompresi file pada situs ini. Selain itu, besaran kompresi/pengurangan ukuran yang diberikan situs ini tidak terlalu besar, biasanya hanya sekitar 8 sampai 12% saja.
  • Jika proses kompresi sudah selesai, silakan klik “Download” untuk mengunduh dan menyimpan hasilnya. Selesai.

Catatan: bila hasil kompresi masih di atas 200 Kb, silakan file PDF hasil kompresi tersebut dilakukan kompresi ulang dengan mengikuti langkah-langkah di atas sampai hasilnya sesuai dengan yang diinginkan, yaitu maksimal 200 Kb.

Itulah beberapa opsi cara untuk mengecilkan file PDF menjadi 200 Kb. Sangat praktis dan mudah. Saking praktis dan mudahnya, Anda tidak perlu repot menginstal aplikasi, cukup kunjungi saja situs-situs tersebut. Anda bahkan dapat melakukannya hanya melalui perangkat ponsel. Tanpa repot pakai perangkat komputer atau laptop. Cukup sediakan koneksi internet yang mumpuni, dan ikuti langkah-langkahnya sebagaimana yang telah dikemukakan di atas. Selamat mencoba!

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top