Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer PC

Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer

Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer – Saat menggunakan perangkat komputer, adakalanya kita butuh berbagai mode kecerahan layar. Kadang mode redup. Kadang butuh mode layar terang. Juga kadang butuh mode kecerahan layar yang sedang-sedang saja. Tergantung suasana dan kenyamanan. Nah, bagaimana cara mengatur kecerahan layar komputer? Simak ulasan yang kami sajikan dalam artikel ini.

Sebetulnya ada banyak opsi cara untuk mengatur tingkat kecerahan layar komputer. Namun sebelum masuk jauh ke pembahasan mengenai cara-cara pengaturan tingkat kecerahan layar, ada satu pertanyaan fundamental  yang penting diutarakan, yaitu kenapa kita perlu mengatur tingkat kecerahan layar komputer?

Pernahkah mata Anda merasa lelah, gatal dan bahkan blur saat berlama-lama menghadap layar komputer? Salah satunya disebabkan oleh pengaturan tingkat kecerahan layar yang buruk. Bisa jadi terlalu terang, atau mungkin terlalu redup. Itulah sebabnya kita perlu mengatur kecerahan layar komputer yang digunakan, sesuaikan dengan kenyamanan mata. Lalu bagaimana cara untuk mengatur kecerahan layar komputer? Silakan simak paragraf-paragraf di bawah ini.

Mengatur Kecerahan Layar Lewat Tombol Pengaturan Monitor

Monitor PC umumnya dibekali beberapa tombol. Salah satunya tombol untuk mengatur kecerahan layar. Entah terletak di sisi depan bawah, atau di bagian samping. Nah, cara mengatur kecerahan layar komputer bisa Anda lakukan langsung lewat tombol pengaturan yang ada di perangkat monitor. Untuk melakukannya, silakan cek buku panduan produk monitor yang Anda pakai.

Apalagi monitor PC keluaran terbaru yang memiliki spek tinggi. Salah satunya produk ProArt besutan ASUS. Hampir semua monitor Asus ProArt , selain dibekali komponen layar yang handal, tentu dibekali kemudahan akses penggunaan, salah satunya berupa tombol-tombol pengaturan, tak terkecuali untuk pengaturan kecerahan tampilan layar, baik yang tersemat langsung di fisik monitor maupun lewat perangkat remot kontrol.

Baca Juga:  Cara Melacak Handphone Yang Hilang

Mengatur Kecerahan Layar Lewat Fitur “Personalize”

Bagi Anda pengguna komputer berbasis Windows, terutama Windows 7 ke bawah, untuk mengatur tingkat kecerahan layar komputer bisa dilakukan melalui bantuan fitur “Personalize”. Itu lho fitur yang biasa dipakai untuk ganti wallpaper atau tampilan layar.

Baca juga :  Cara Menambah Followers TikTok Gratis Tanpa Aplikasi

Caranya? Silakan ikuti step-step berikut:

  • Pastikan Anda berada di halaman utama Windows.
  • Jika sudah, silakan klik kanan mouse pada perangkat komputer yang Anda gunakan.
  • Nanti akan muncul beberapa opsi entri pengaturan, silakan pilih entri “Personalize”.
  • Setelah masuk pada laman entri “Personalize”, silakan plih menu “Display” yang letaknya berada di sudut kiri bawah.
  • Lalu klik “Adjust Brightness”. Silakan atur tingkat kecerahan layar yang diinginkan dengan cara menggeser tombol slider. Jika ingin mencerahkan geserlah ke kanan, namun bila ingin meredupkan silakan geser ke kiri. Selesai.

Sangat mudah kan?

Mengatur Kecerahan Layar Komputer Lewat “Display Setting” dengan Cara Klik Kanan pada Mouse 

Bila Anda pengguna komputer dengan basis OS Windows 10, cara untuk mengatur kecerahan layar komputer bisa dilakukan dengan klik kanan pada mouse lalu masuk menu “Display Settings”.  Apa itu “Display Settings”?

Sesuai dengan namanya, “Display Settings” secara harfiah berarti “Pengaturan Layar”. Ia merupakan sebuah fitur yang di dalamnya terdapat berbagai menu pengaturan layar. Termasuk salah satunya adalah menu pengaturan tingkat kecerahan layar.

Untuk melakukannya, silakan ikuti step-stepnya sebagai berikut:

  • Pastikan Anda berada di halaman utama windows.
  • Kemudian klik kanan pada mouse yang Anda gunakan. Maka akan tampil beberapa opsi menu.
  • Silakan pilih menu “Display Settings”.
  • Setelah masuk ke laman menu “Display Setting”, silakan cari entri “Brightness and Color”.
  • Kemudian klik “Change Brightness”. Silakan atur kecerahan layar yang diinginkan dengan menggeser tombol slider ke kanan atau ke kiri. Jika di geser ke kanan, kecerahan layar akan meningkat. Sementara jika digeser ke kiri tingkat kecerahan  layar akan meredup. Selesai.

Tidak sulit, bukan?

Mengatur Kecerahan Layar Komputer Melalui Klik Ikon Baterai di Pojok Kanan-Bawah

Untuk mengatur kecerahan layar komputer, Anda juga bisa melakukannya dengan mengklik ikon baterai yang ada di pojok kanan-bawah. Kok bisa? Tentu saja bisa. Hanya saja, cara ini berlaku untuk komputer dengan basis OS Windows 10, ya.

Baca Juga:  Begini Cara Praktis Menyalakan Lampu Keybord Laptop Asus

Caranya bagaimana? Gampang banget. Tinggal ikuti saja step-step berikut ini:

  • Setelah komputer Anda menyala, silakan klik ikon baterai yang ada di pojok kanan-bawah.
  • Setelah diklik biasanya akan muncul opsi menu yang salah satunya untuk mengatur tingkat kecerahan layar. Simbolnya berupa gambar seperti matahari.
  • Silakan atur kecerahan layar yang diinginkan dengan cara menggeser tombol slider. Semakin digeser ke kiri, kecerahan layar akan berkurang. Sebaliknya, layar akan semakin cerah bila di geser ke kanan. Selesai.

Baca juga : Cara Membersihkan Handphone

Mengatur Kecerahan Layar Komputer Melalui Action Center

Cara mengatur kecerahan layar komputer juga bisa dilakukan lewat fitur “Action Center”. Apa itu Action Center? Action Center adalah sebuah fitur lengkap yang mengumpulkan semua pengaturan ke dalam satu panel. Termasuk di dalamnya terdapat menu pengaturan untuk mengatur tingkat kecerahan layar.

Untuk menggunakannya, Anda bisa ikuti step-step berikut ini:

  • Silakan buka “Action Center” yang posisinya di sebelah pojok kanan-bawah. Atau bisa juga dibuka dengan kombinasi tombol pintasan “Win + A”.
  • Lalu silakan atur ikon “Brightness Slider” dengan cara menggesernya ke kanan atau ke kiri. Namun jika ikon “Brightness Slider” tidak muncul di tampilan, silakan klik opsi menu “Expand”, nanti akan muncul ikon “Brightness Slider” yang disimbolkan dengan gambar matahari.
  • Bila ingin diperbesar tingkat kecerahan layar, silakan geser tombol “Brightness Slider” ke kanan. Namun bila ingin meredupkannya, silakan geser ke kiri. Selesai.

Cukup mudah kan?

Mengatur Kecerahan Layar Komputer Lewat Mobility Center

Selain cara-cara di atas, Anda juga bisa menempuh cara berikut untuk mencerahkan layar komputer. Apa itu? Yaitu melalui Mobility Center.

Apa itu Mobility Center? Ia adalah pusat pengaturan yang meliputi pengaturan volume, display, baterai, sinkronisasi dan lain sebagainya.

Bagaimana cara untuk masuk ke Mobility Center? Caranya gampang. Cukup klik kanan pada tombol menu “Start” dengan menggunakan mouse, lalu silakan masuk ke WinX.

Baca Juga:  Laptop Terbaik Untuk Beraktivitas ASUS VivoBook Ultra 14 (K413)

Setelah masuk ke laman WinX, silakan pilih “Mobility Center”. Nanti silakan pilih menu “Display Brightness”. Silakan atur sendiri tingkat kecerahan layar yang diinginkan, dengan cara menggeser slider: ke kanan untuk meningkatkan kecerahan, sementara ke kiri untuk meredupkan. Jika sudah, tinggal close aja tab menunya. Sangat mudah, kan?

Mengatur Kecerahan Layar Komputer Yang Berbasis Aplle MacOS

Bagi pengguna komputer berbasis Apple MacOS, Anda dapat mengatur kecerahan layar dengan beberapa opsi berikut. Pertama, menggunakan tombol fungsi berikon matahari pada keyboard. Kedua, menggunakan menu di “Control Strip”, namun cara ini khusus untuk perangkat Mac yang sudah mendukung fitur Touch Bar. Ketiga, dengan mengikuti step-step di bawah ini:

  • Silakan klik menu “Apple”.
  • Lalu masuk ke bagian “System Preferences”.
  • Kemudian buka menu “Displays”.
  • Selanjutnya klok opsi “Display”
  • Silakan atur kecerahan layar menggunakan Brightness Slider yang tersedia. Ke kanan untuk meningkatkan kecerahan, sementara ke kiri untuk meredupkan. Selesai.

Mengatur Kecerahan Layar Komputer Yang Sistem Operasinya Berbasis Linux Ubuntu

Bagi Anda yang menggunakan komputer dengan basis sistem operasi Linux Ubuntu, Anda dapat mengatur tingkat kecerahan layar dengan mengikuti step-step berikut:

  • Silakan klik “System Menu” (ikon Wi-Fi, Speaker, dan Baterai) di pojok kanan atas layar.
  • Silakan cari menu “Brightness Slider” yang biasa disimbolkan dengan ikon matahari.
  • Kemudian geser tombolnya untuk mengatur tingkat kecerahan layar, sesuai kebutuhan. Ke kanan semakin cerah, ke kiri semakin redup. Selesai.

Di samping menggunakan langkah-langkah di atas, Anda yang menggunakan komputer berbasis Linux Ubuntu juga dapat mengatur kecerahan layar dengan menggunakan panel Power. Bagaimana cara melakukannya? Silakan buka menu “Activities”, lalu ketik kata “power” (tanpa tanda petik), kemudian pilih menu Power yang muncul, lalu ubah menu Screen brightness slider dengan cara menggesernya ke kanan atau ke kiri.

Itulah beberapa opsi cara untuk mengatur kecerahan layar komputer yang bisa Anda coba. Sesuaikan saja basis sistem operasi komputer yang Anda pakai. Entah Windows, Aplle MacOS, ataupun Linux.  Selamat mencoba!

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.