Cara Memperbesar Ukuran PDF

Cara Memperbesar Ukuran PDF, Mudah dan Praktis!

Cara Memperbesar Ukuran PDF – Pada kasus-kasus tertentu, boleh jadi kita memerlukan file PDF dengan ukuran resolusi yang besar. Pasalnya, file PDF dengan ukuran resolusi kecil cenderung kurang jelas, bahkan pecah saat dibuka. Lain dengan format file PDF dengan ukuran besar, ia punya tampilan maksimal ketika dibuka. Masalahnya, bagaimana jika file PDF yang kita punya itu hanya berukuran kecil? Tenang, artikel ini akan memberikan informasi tentang cara memperbesar ukuran PDF.

Sebetulnya cara memperbesar ukuran PDF dapat dilakukan melalui dua jalur berikut: offline dan online. Keduanya sama-sama mudah dan praktis untuk dilakukan. Yang ribet itu hanya pikiran dan kemauan kita saja.

Supaya tidak penasaran, berikut kami tuliskan beberapa opsi cara memperbesar ukuran PDF, baik yang berbasis offline ataupun online dari simpulan urbandigital.id.

Opsi Pertama: Cara Memperbesar Ukuran PDF Melalui PDFResizer

PDFResizer merupakan salah satu situs modifikasi file (PDF) yang menyediakan ragam fitur edit/modifikasi PDF. Termasuk fitur untuk merubah ukuran file PDF: memperbesar ataupun memperkecil. Cara memanfaatkannya pun sangat mudah. Anda tinggal ikuti langkah-lanhkah berikut:

  • Buka atau kunjungi situs https://pdfresizer.com/.
  • Pilih menu “Resize PDF” yang berada di barisan menu atas.
  • Klik menu “Choose File” untuk memilih dokumen PDF yang hendak Anda perbesar ukurannya. Bisa melalui pilihan dari penyimpanan lokal pada perangkat yang digunakan maupun dari penyimpanan berbasis online seperti GoogleDrive dan sejenisnya.
  • Selanjutnya klik “Upload File” untuk mengunggah file PDF yang telah Anda pilih tadi.
  • Lalu pilih ukuran resolusi PDF yang Anda inginkan pada tampilan kolom “Resize PDF to Resolution”. Misal “high+ 300 dpi” atau pilihan ukuran yang lain, tergantung kebutuhan Anda.
  • Pada bagian entri “Set Pape Size”, Anda dapat merubah ukuran kertas yang diinginkan. Atau dibiarkan default pun tak masalah.
  • Setelah semuanya sesuai dengan yang Anda butuhkan, kemudian klik menu “Looks good, do the magic” berwarna biru.
  • Tunggu proses hingga selesai.
  • Ketika proses sudah selesai, Anda akan melihat hasilnya di bagian sebelah kanan. 
  • Lalu klik “Download” untuk mengunduh dan menyimpan file tersebut di perangkat Anda.
Baca Juga:  Cara Mudah Mengecilkan File PDF Menjadi 200 Kb, Anti Gagal!

Cukup mudah, kan?

Opsi Kedua: Cara Memperbesar Ukuran PDF Lewat Docupub.com

Selain PDFResizer, Anda juga bisa memperbesar ukuran file PDF melalui situs Docupub.com. dengan mudah dan cepat. Caranya meliputi langkah-langkah berikut ini:

  • Silakan buka terlebih dahulu situs Docupub.com pada perangkat yang Anda pakai melalui web browser seperti Google Chrome, Mozila, Opera atau yang lainnya.
  • Setelah Anda buka situs tersebut, maka akan muncul tampilan kolom yang memuat tahap-tahap pemrosesan file sebagai berikut:
    1. “Resize/Scale Settings”, yaitu kolom isian untuk pengaturan skala maupun ukuran file yang dikehendaki.
    2. “Select the File to Resize”, yaitu kolom menu untuk memilih dan mengupload file PDF yang akan dimodifikasi ukurannya.
  • Silakan atur skala dan ukuran file PDF yang Anda inginkan pada kolom isian di entri nomor 1. “Resize/Scale Settings”.
  • Setelah mengatur skala dan ukuran file yang dikehendaki, lalu pilih dan upload file PDF yang akan dimodifikasi (diperbesar ukurannya) dengan cara klik “Pilih File” pada entri kolom nomor 2. “Select the File to resize”.
  • Setelah itu silakan klik “Upload & Resize”, lalu tunggu prosesnya hingga selesai.
Cara Memperbesar Ukuran PDF
Cara Memperbesar Ukuran PDF
  • Jika sudah selesai, silakan unduh atau download file tersebut untuk kemudian disimpan di perangkat yang Anda pakai.

Baca juga : Cara Memperbesar Ukuran Foto

Sekadar catatan tambahan, pada tampilan kolom isian Docupub.com terdapat beberapa entri yang digunakan sebagaimana yang terlihat pada gambar di atas. Nah, berikut kami berikan maksud dari entri-entri isian tersebut.

  1. “Pagesize”, berfungsi untuk mengubah file PDF secara otomatis dengan ukuran tertentu. Selain itu juga termasuk pengaturan landscape maupun potrait.
  2. “Custom Pagesize”, berfungsi untuk mengubah file PDF secara manual dengan hitungan poin, inci, milimeter, dan centimeter.
  3. “Scale”, berfungsi untuk mengatur skala pada file PDF. Cukup dicentang saja.
  4. “Constrain proportions when scaling”, berfungsi untuk mengatur skala secara otomatis. Cukup dicentang saja.
  5. “Placethe original content in”, berfungsi untuk mengatur posisi PDF, kiri, tengah, atau kanan. Sebaiknya dibiarkan default saja.
Baca Juga:  Cara Melihat Pesan WA yang Sudah Dihapus Tanpa Aplikasi

Opsi Ketiga: Cara Memperbesar Ukuran PDF Melalui Situs Sodapdf

Situs modifikasi file PDF lain yang dapat digunakan untuk mengatur ukuran resolusi file adalah Sodapdf.com. Anda bisa menggunakan situs ini untuk memperbesar ukuran file PDF yang diinginkan. Caranya cukup mudah, hanya dengan langkah-langkah berikut:

  • Buka atau kunjungi situs https://www.sodapdf.com/
  • Pilih atau klik “All tools”
  • Kemudian klik atau pilih “Resize PDF”
  • Lalu klik “Choose File” untuk memilih dan mengupload file PDF yang hendak diperbesar ukurannya.
  • Selanjutnya akan muncul kolom margin. Anda bisa mengubah margin sesuai yang dibutuhkan. Anda juga bisa mengatur ukuran kertas, sesuai yang dibutuhkan.
  • Klik, lalu tunggu sampai muncul menu “Download File”
  • Sebelum mengunduh file yang telah dimodifikasi, Anda bisa melakukan preview file dengan klik “Preview File” di bagian atas menu “Download File” untuk memastikan file yang diubah telah sesuai yang diharapkan.
  • Bila sudah sesuai, klik “Download File” untuk mengunduh dan menyimpan file PDF pada perangkat yang Anda gunakan.

Opsi Keempat: Memperbesar Ukuran PDF Lewat PDFCandy.com

Sama dengan situs-situs modifikasi file PDF lainnya, PDFCandy juga dapat digunakan untuk merubah ukuran file, baik memperbesar maupun memperkecil. Caranya bisa dilakukan sebagai berikut:

  • Pertama-tama, Anda diharuskan membuka/mengakses pdfcandy.com melalui web browser pada perangkat  yang digunakan.
  • Klik “Add File” dan pilih file PDF yang ingin diperbesar ukurannya.
  • Lalu klik “Open” dan tunggu proses upload yang cukup singkat.
  • Tentukan ukuran file yang diinginkan.
  • Klik “Resize” setelah memastikan ukuran file sudah benar.
  • Tunggu sejenak, karena file yang sudah diproses akan terdownload secara otomatis.

Opsi Kelima: Memperbesar Ukuran PDF Secara Offline Melalui Aplikasi Photosop

Bila empat opsi sebelumnya menawarkan cara memperbesar ukuran PDF secara online melalui pemanfaatan situs-situs modifikasi file PDF, opsi ini menawarkan cara merubah ukuran file PDF secara offline melalui aplikasi Photoshop. Memangnya bisa?

Jangan salah, walau secara nama identik dengan urusan edit-mengedit foto, tapi aplikasi ini ternyata bisa dimanfaatkan juga untuk merubah ukuran file PDF. Caranya bagaimana? Simak paragraf-paragraf berikut ini:

Baca Juga:  ASUS Zenbook 14X OLED (UX5401), Laptop Terbaru Untuk Pebisnis

Langkah pertama adalah buka aplikasi Photoshop pada perangkat yang Anda gunakan. Bila belum memilikinya, silakan unduh dan instal terlebih dahulu di sini.

Setelah terbuka, silakan masukkan file PDF yang hendak Anda modif ukurannya dengan cara:

Baca juga : Cara Memisahkan File PDF

  • Klik menu “File” pada bagian pojok kiri-atas layar, lalu klik “Open”, kemudian pilih file PDF yang hendak Anda modif, lalu klik “Open”.

    Cara Memperbesar Ukuran PDF dengan Photoshop
    Cara Memperbesar Ukuran PDF dengan Photoshop

Setelah file terbuka di tampilan Photoshop, akan muncul beberapa opsi untuk mengatur ukuran dan sebagainya. Silakan atur ukuran file sesuai kehendak Anda. Semakin besar resolusi yang disematkan, maka semakin besar pula ukuran size filenya.

  • Pada pengaturan “Select” silakan pilih “Pages”. Kemudian perhatikan bagian halaman “Page Options”, terutama pada menu “Crop To:”, pilih “Bounding Box” (Anda bisa juga memilih opsi lain sesuai keinginan).
  • Sementra menu “Anti-Aliased” berfungsi untuk menghaluskan garis pada file PDF, silakan dicentang saja.
  • Lalu pada menu “Image Size” silakan mengatur ukuran “Width” dan “Height” sesuai kebutuhan Anda. Lantaran ingin memperbesar ukuran, maka silakan naikkan nilainya, dan jangan lupa untuk memilih dalam ukuran Pixels.
  •  Kemudian centang “Constrain Proportions” untuk menyesuaikan proporsi PDF. Selebihnya, biarka saja default. Lihat gambar di bawah:

    Cara Memperbesar Ukuran PDF dengan Photoshop
    Cara Memperbesar Ukuran PDF dengan Photoshop
  • Apabila semua pengaturan di atas sudah selesai, silakan simpan file tersebut dengan cara Ctrl + S, atau klik “File”, lalu “Save As”. Sebagaimana gambar di bawah ini:

    Cara Memperbesar Ukuran PDF dengan Photoshop
    Cara Memperbesar Ukuran PDF dengan Photoshop
  • Jangan lupa untuk memilih format “Photoshop PDF”. Setelah itu klik “Save”. Lihat gambar di bawah:

    Cara Memperbesar Ukuran PDF dengan Photoshop
    Cara Memperbesar Ukuran PDF dengan Photoshop
  • Namun apabila muncul lagi jendela “Save Adove PDF” (seperti pada gambar di bawah), Anda tidak perlu melakukan apa-apa. Cukup klik “Save PDF”, dan proses pun selesai.

    Cara Memperbesar Ukuran PDF dengan Photoshop
    Cara Memperbesar Ukuran PDF dengan Photoshop

Begitulah cara memperbesar ukuran PDF yang bisa Anda gunakan. Semua kembali pada Anda ingin menggunakan opsi yang mana dari kelima opsi yang kami tawarkan. Artikel tentang arah kiblat saat ini bisa kamu baca dari yang kami rekomendasikan. Selamat mencoba!

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top