Cara Memisahkan File PDF

Cara Memisahkan File PDF Dengan Mudah Yang Bisa Anda Coba

Cara Memisahkan File PDF – Kadang ketika ukuran file PDF terlalu besar, mau tidak mau, kita terpaksa harus memilih untuk memisahkannya menjadi beberapa file. Pilihan ini diambil ketika kita merasa kurang puas dengan hasil kompresi ukuran yang telah ditempuh sebelumnya. Masalahnya, tidak semua orang tahu cara memisahkan file PDF.

Sebetulnya untuk memisahkan file PDF itu bisa dilakukan dengan mudah. Bisa ditempuh secara offline ataupun online. Tergantung kita maunya jalur yang mana. Apalagi sekarang sudah ada banyak aplikasi berbasis desktop maupun website yang bisa digunakan untuk memisahkan file pdf.

Supaya tidak buang-buang waktu, berikut kami berikan  beberapa opsi cara memisahkan file PDF dengan cepat dan mudah yang bisa Anda coba.

Opsi Pertama: Cara Memisahkan File PDF Melalui SmallPDF

SmallPDF adalah salah satu situs “edit file” yang cukup diminati saat ini. Termasuk untuk memisahkan file PDF.  Secara garis besar, SmallPDF memiliki beberapa fitur yang ditawarkan untuk urusan edit file. Mulai dari fitur konvert atau konversi file, yang dapat digunakan untuk merubah format file, misal dari PDF ke Docx atau sebaliknya, dari PDF ke JPG atau sebaliknya, dan format lainnya. Lalu ada juga fitur kompresi file yang diperuntukkan bagi urusan merubah ukuran file: memperbesar ataupun memperkecil. Termasuk fitur untuk menggabungkan ataupun memisahkan file PDF.

Nah, berikut adalah langkah-langkah tentang cara memisahkan file PDF melalui SmallPDF:

  • Pertama-tama, jalankan Web Browser pada perangkat yang Anda gunakan, lalu buka situs https://smallpdf.com/id/pisahkan-pdf
  • Jika laman sudah terbuka, klik “Pilih File” untuk mengunggah file PDF yang akan diproses pemisahan. Sekadar catatan, untuk mengunggah file yang akan diproses, Anda bisa memilih opsi “dari penyimpanan lokal” atau “dari penyimpanan cloud” seperti GDrive dan Dropbox.
  • Lalu pilih file PDF yang akan Anda pisahkan, kemudian klik “Open”.
  • Setelah file PDF tersebut berhasil diunggah, klik opsi “Ekstrak tiap halaman menjadi PDF” untuk memotong file PDF menjadi per halaman. Namun jika Anda menghendaki pemisahan file hanya pada bagian halaman tertentu, Anda bisa mengklik opsi “Pilih halaman yang akan diekstrak”.
  • Kemudian klik entri opsi yang berwarna ungu untuk memulai proses pemisahan.
  • Setelah proses pemisahan selesai, selanjutnya klik tombol “Unduh File Sekarang” untuk mengunduh file yang telah di proses.
Baca Juga:  Cara Mematikan Komputer dengan Keyboard Anti Mainstream

Bagaimana, sangat mudah, bukan?

Baca juga : Cara Memindahkan Foto ke Kartu SD

Opsi Kedua: Cara Memisahkan File PDF Melalui PDF Candy

Cara berikutnya untuk memisahkan file PDF adalah dengan menggunakan PDF Candy. Sama halnya dengan SmallPDF, PDF Candy juga merupakan sebuah situs “edit file” yang memiliki banyak fitur pengeditan, seperti konvert file, kompresi file, edit tanda tangan, dan lain-lain. Termasuk untuk memisahkan file PDF. 

Tak jauh berbeda dengan SmallPDF, cara menggunakan PDF Candy pun terbilang mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka situs https://pdfcandy.com/split-pdf.html melalui web browser di perangkat yang Anda pakai.
  • Setelah laman tersebut terbuka, klik tombol “+Tambah File” untuk mengunggah file PDF yang akan Anda pisahkan. Bisa melalui jalur penyimpanan lokal maupun jalur penyimpanan berbasis Google Drive dan Dropbox.
  • Lalu pilih file PDF yang akan diproses, kemudian klik “Open”. Tunggu hingga proses pengunggahan file yang telah dipilih selesai.
  • Setelah berhasil terunggah, pilih opsi “Halaman Tunggal” untuk memisahkan file PDF per halaman. Kemudian klik “Pisah PDF” untuk memulai prosesnya.
  • Setelah proses pemisahan file selesai, selanjutnya klik tombol “Unduh File” untuk mendownload file PDF yang telah dipisahkan tersebut.

Cukup mudah, bukan?

Opsi Ketiga: Cara Memisahkan File PDF Melalui Sejda

Opsi berikutnya tentang cara memisahkan file PDF dapat dilakukan melalui situs “edit file” bernama Sejda. Sekadar catatan, situs “edit file” yang satu ini menggunakan bahasa Inggris. Walau demikian, Anda tak perlu khawatir. Toh, istilah-istilah yang dipakai pun sangat umum dan familiar.

Berikut adalah langkah-langkah untuk memisahkan file PDF melalui Sejda:

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuka situs https://www.sejda.com/split-pdf pada perangkat yang Anda gunakan melalui salah satu web browser yang ada.
  • Kemudian klik tombol “Upload PDF Files” yang berwarna hijau, untuk memilih sekaligus mengunggah file.
  • Lalu pilih file PDF yang akan Anda pecah atau pisahkan, kemudian klik “Open”.
  • Setelah file tersebut selesai diunggah, Anda bisa memilih salah satu opsi pemrosesan berikut, tergantung keperluan. Pertama, opsi “Extract every page into a PDF” untuk memisahkan seluruh halaman yang ada pada file PDF tersebut. Kedua, opsi “Select pages to split” untuk memilih halaman-halaman tertentu saja yang akan Anda pisahkan.
  • Apabila sudah menentukan opsi mana yang akan Anda gunakan, selanjutnya klik “Continue”, lalu tunggu hingga proses selesai.
  • Ketika prosesnya sudah selesai, akan muncul pop-up pemberitahuan: “Your documents are ready”.
  • Selanjutnya klik “Download” untuk mengunduh file PDF yang telah berhasil dipisahkan. Anda bisa menyimpan file tersebut di Dropbox atau Google Drive. Anda juga bisa membagikan file PDF yang telah diproses tersebut dengan mengklik ikon Share.
Baca Juga:  Cara Mematikan Komputer Standar Hingga yang Paling Keren

So, sangat mudah, bukan?

Baca juga : Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD

Opsi Keempat: Cara Memisahkan File PDF Menggunakan Nitro PDF Professional

Cara lain untuk memisahkan file PDF dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi Nitro PDF Professional. Ada Banyak sekali fitur modifikasi pada aplikasi ini. Termasuk salah satunya adalah fitur untuk memisahkan file PDF.

Adapun langkah-langkah tentang cara memisahkan file PDF dengan menggunakan Nitro PDF Professional adalah sebagai berikut:

  • Pertama-tama, jalankan aplikasi Nitro PDF Professional pada perangkat yang Anda gunakan. Bila belum memilikinya, Anda bisa terlebih dahulu untuk mengunduh dan menginstalnya.
  • Setelah aplikasi tersebut berhasil dibuka dan dijalankan, klik menu “Open” untuk memilih dan membuka file PDF yang akan Anda pisahkan.
  • Setelah itu, klik pada fitur “Split” untuk memisahkan file PDF yang telah dipilih.
  • Kemudian akan muncul tampilan menu “Split Pages”. Pada bagian “Splitting Method” pilih “Into File of”, lalu isikan angka 1 pada bagian kolom pages agar file PDF terpisah per halaman.
  • Lalu klik tombol “Split” untuk memulai proses pemisahan file PDF tersebut, dan tunggu hasilnya.

Sangat mudah, bukan?

Opsi Kelima: Cara Memisahkan File PDF Melalui Ilove PDF

Cara berikutnya untuk cara memisahkan file PDF bisa dilakukan dengan menggunakan situs Ilove PDF. Tak jauh berbeda dengan situs “edit file” sebelumnya seperti SmallPDF, PDF Candy dan yang lain, Ilove PDF juga memiliki ragam firtur modifikasi file PDF. Termasuk fitur untuk menggabungkan ataupun memisahkan file.

Langkah penggunaannya pun cukup mudah. Anda dapat melakukannya dengan:

  • Pertama-tama, buka situs https://www.ilovepdf.com/split_pdf. Pada perangkat yang Anda gunakan melalui web browser.
  • Lalu upload file PDF yang hendak dipisah dengan menekan tombol “Select PDF File”. Anda juga bisa melalukannya dengan cara menarik file PDF ke dalam halaman tersebut.
  • Setelah PDF berhasil diunggah, pilih opsi “Split” yang akan digunakan. Ada dua opsi Split, yaitu: (1) “Split by Ranges” untuk menyeleksi halaman-halaman tertentu yang akan dipisah, dan (2) “Extract All Pages” untuk memisahkan file PDF setiap halaman menjadi satu file PDF tersendiri.
  • Setelah memilih opsi Split yang dikehendaki, selanjutnya klik tombol “Split PDF”. Tunggu sampai proses selesai.
  • Setelah proses Split selesai, akan muncul tombol “Download PDF Split”. Lalu tekan tombol tersebut untuk mengunduh file.
5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top