Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Dengan Mudah, Dijamin Berhasil!

Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD

Cara memindahkan aplikasi ke kartu SD sebetulnya tergolong mudah. Bahkan sangat mudah. Tapi kami yakin, sebagian pengguna smartphone masih ada yang belum mengetahuinya. Lalu mereka bertanya kepada Google, “Cara memindahkan aplikasi ke kartu SD…”, baik melalui suara dengan memanfaatkan fitur google voice ataupun ketikan teks.

Pertanyaannya adalah kenapa orang perlu untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD? Ada banyak kemungkinan alasan yang dapat dikemukakan. Salah satunya agar tidak memakan banyak ruang penyimpanan internal ponsel. Terutama bagi ponsel dengan kapasitas penyimpanan internal yang kecil. Sebab, ruang penyimpanan yang penuh dapat memengaruhi kinerja ponsel.

Karena itulah keberadaan kartu SD sebagai sektor penyimpanan eksternal sangat membantu. Dengan adanya kartu SD, pengguna ponsel dengan kapasitas penyimpanan internal yang kecil tak perlu lagi khawatir soal kinerja ponsel yang lemot akibat memori internalnya sudah sangat sesak. Mulai dari file gambar atau foto, video, hingga aplikasi-aplikasi tambahan yang terinstal di ponsel. Ia bisa memindahkan semua file hingga aplikasi ke kartu SD.

Caranya bagaimana? Simak ulasan yang kami sajikan di bawah ini.

Cara Mudah Pindahkan Aplikasi ke Kartu SD

Melalui paragraf-paragraf berikut, kami sajikan beberapa opsi cara untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD dengan mudah.

Opsi Pertama: Memindahkan Aplikasi ke kartu SD Melalui File Manager

Cara untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD yang pertama adalah dapat dilakukan melalui bantuan File Manager. Apa itu File Manager? File Manager adalah sebuah fitur atau alat berbentuk perangkat lunak (software) yang dimiliki oleh sistem yang berfungsi untuk pengelolaan file atau berkas.

Masalahnya tidak semua sistem operasi mobile itu dilengkapi dengan aplikasi File Manager bawaan. Android adalah salah satunya. Lain dengan Windows yang punya File Explorer, Android tidak dibekali aplikasi sepenting File Manager. Sisem operasi mobile yang satu ini justru menyerahkan aplikasi sepenting File Manager kepada pihak produsen ponsel dan/atau pengembang.

Baca Juga:  Begini Cara Membuat Gambar Menjadi HD Tanpa Aplikasi, Sangat Mudah dan Praktis

Baca juga : Cara Membuka Situs yang Diblokir tanpa Aplikasi

Sehingga ketika ada beberapa ponsel yang berbasis Android punya aplikasi File Manager bawaan, itu bukan dari bawaan sistem Android, melainkan dari produsen ponsel. Misal Xiaomi dengan “Mi File Manager”, atau Samsung dengan “File Saya”atau “My File”, dan lain sebagainya.

Nah, jika Anda pengguna ponsel Android yang sudah dibekali aplikasi File Manager bawaan pabrik, maka cara untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD dengan bantuan File Manager dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Silakan buka aplikasi “File Manager” pada ponsel Anda.
  • Lalu pilih menu “Penyimpanan Internal”.
  • Jika sudah masuk ke penyimpanan internal, silakan pilih aplikasi-aplikasi yang hendak dipindahkan ke kartu SD, dengan cara menandainya. Biasanya dilakukan dengan menekan agak lama pada salah satu aplikasi hingga tercentang, lalu diikuti dengan mencentang aplikasi-aplikasi lainnya yang hendak dipindah.
  • Kemudian ketuk opsi “Pindahkan” yang digambarkan dengan ikon folder bertanda panah menghadap ke kanan. Atau bila opsi/menu “Pindahkan” tidak tampil di bagian luar, silakan ketuk opsi “Lainnya” yang biasanya disimbolkan dengan tiga titik tegak, baru kemudian pilih “Pindahkan”.
  • Setelah memilih opsi “Pindahkan” akan tampil opsi tempat untuk memindah aplikasi-aplikasi yang sudah tercentang, “SD Card” dan “Device Memory”. Silakan pilih opsi “SD Card”, kalu ketuk menu “Pindahkan ke Sini”. Selesai, semua aplikasi yang Anda pilih sekarang sudah berpindah tempat di penyimpanan kartu SD.

Opsi Kedua: Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD dengan Bantuan Aplikasi SHAREit

Cara berikutnya untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan aplikasi SHAREit. Sebuah aplikasi yang digunakan sebagai alat/media untuk mentransfer/mengirim/memindah berbagai macam file, tanpa perlu terhubung internet ataupun kabel. Termasuk untuk memindah aplikasi yang tersimpan di memori internal ponsel ke kartu SD. Nah, untuk melakukannya Anda dapat ikuti langkah-langkah berikut: 

  • Pertama-tama, Anda memerlukan dua perangkat ponsel. Satu untuk mengirim, satunya lagi untuk menerima.
  • Download dan instal terlebih dahulu aplikasi SHAREit pada kedua perangkat yang digunakan.
  • Buka/jalankan aplikasi SHAREit yang sudah terinstal tadi.
  • Silakan tekan tombol atau menu “Kirim” yang muncul di tampilan halaman SHAREit.
  • Lalu pada daftar aplikasi, tandai aplikasi-aplikasi mana saja yang hendak dipindah.
  • Anda dapat menggunakan WiFi ataupun Bluetooh untuk proses pemindahan ini. Silakah aktifkan salah satunya saja. Lalu tekan “Next”. Catatan: pastikan perangkat ponsel yang satunya sudah mengikuti langkah ini.
  • Kemudian akan muncul daftar perangkat ponsel yang terdeteksi di dekat/sekitar ponsel yang hendak mengirim file. Pilih saja perangkat ponsel yang memang digunakan sebagai penerima. Atau, bila dirasa ribet, Anda dapat melakukan “Scan Barcode” yang letaknya berada di pojok kanan-atas.
  • Silakan tunggu hingga proses transfer file selesai.
  • Apabila seluruh file aplikasi yang hendak dipindah sudah terkirim dengan sempurna, silakan buka “File Manager” pada ponsel penerima.
  • Lalu masuk ke “Penyimpanan Internal”, dan buka folder SHAREit.
  • Kemudian pilih menu “Aplikasi” atau “Apps”, selanjutnya tandai aplikasi-aplikasi yang hendak dipindah ke kartu SD.
  • Apabila sudah ditandai, silakan ketuk ikon titik tiga tegak, lalu pilih “Pindahkan”
  • Selanjutnya pilih opsi “SD Card” sebagai tempat tujuan peyimpanan aplikasi-aplikasi yang telah ditandai tadi. Lalu klik menu “Pindahkan ke sini”. Selesai.
Baca Juga:  Cara Memperbesar Ukuran Foto Nggak Pakek Sulit dan Nggak Pakek Lama!

Baca juga : Cara Membuat Nada Dering Suara Google Tanpa Aplikasi

Opsi Ketiga: Memindahkan Aplikasi ke kartu SD Lewat Bluetooth

Untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD juga bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan Bluetooth. Kok bisa? Ya bisa. Caranya? Silakan ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Siapkan dua perangkat ponsel. Satu sebagai pengirim, dan satunya lagi sebagai penerima.
  • Silakan aktifkan terlebih dahulu Bluetooth di kedua ponsel. Lalu hubungkan antar keduanya melalui perantara Bluetooth.
  • Untuk ponsel pengirim: silakan buka “File manager”, lalu pilih aplikasi-aplikasi mana saja yang mau dikirim/dipindah ke kartu SD pada ponsel penerima.
  • Kemudian kirim aplikasi-aplikasi tersebut ke ponsel penerima.
  • Untuk ponsel penerima: silakan buka “File Manager”, lalu ketuk “Apss” atau “Aplikasi”, kemudian pilih aplikasi-aplikasi mana saja yang akan dipindah ke kartu SD.
  • Selanjutnya ketuk ikon tiga titik tegak, lalu pilih opsi “SD Card” sebagai tempat penyimpanan. Selesai.

Opsi Keempat: Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Lewat Pengaturan

Perlu diketahui, apabila mengatur kartu SD sebagai format penyimpanan internal, maka Anda bisa memindahkan beberapa aplikasi ke kartu SD. Dengan cara ini bisa memberi lebih banyak ruang simpan untuk aplikasi yang tidak dapat dipindahkan ke kartu. Akan tetapi, cara ini tidak berlaku untuk beberapa ponsel yang berbasis Android 9 Pie, Android 10 dan Android 11. Nah, untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD melalui pengaturan, Anda dapat melakukannya dengan cara-cara berikut:

  • Silakan buka menu “Pengaturan” atau “Settings” pada ponsel Anda, lalu pilih “Aplikasi” atau “Apps”.
  • Kemudian pilih aplikasi-aplikasi yang mau dipindah ke kartu SD.
  • Lalu pilih menu “Ganti Penyimpanan”, kemudian pilih opsi “SD Card”.
  • Silakan tunggu hingga proses transfer data selesai.
Baca Juga:  Begini Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus Permanen di HP Maupun Laptop, Mudah dan Praktis!

Opsi Kelima: Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD Melalui USB Debugging

Apa itu USB Debugging? USB Debugging adalah fitur pada ponsel Android yang dapat digunakan jika Anda telah mengaktifkan “Opsi Pengembang” atau “Developer Options”. Fitur ini bisa dipakai untuk memindahkan file aplikasi ke kartu SD. Hanya saja, diperlukan perangkat komputer/laptop sebagai media perantaranya. Untuk langkah-langkahnya bisa dilakukan sebagai berikut:

  • Silakan aktifkan terlebih dahulu “Developer Options” dengan melakukan tap tujuh kali pada “Build Number”.
  • Setelah itu, aktifkan fitur “USB Debugging”.
  • Lalu sambungkan ponsel ke perangkat komputer/laptop melalui kabel USB bawaan.
  • Buka perangkat ponsel, terutama bagian penyimpanan internal, pada laptop. Lalu pilih folder atau file-file aplikasi pada sektor penyimpanan internal, kemudian klik kanan dan pilih, “Cut”.
  • Kemudian kembali masuk ke perangkat ponsel, pilih yang sektor penyimpanan “SD Card”, lalu klik kanan dan pilih “Paste”. Selesai.

Demikian informasi tentang cara memindahkan aplikasi ke kartu SD yang dapat kami berikan. Setidaknya ada lima opsi yang dapat Anda pilih. Semuanya kami rasa merupakan sebuah opsi yang sangat muda untuk dilakukan. Selamat mencoba!

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.