Begini Cara Membuat WA Centang 1 Tanpa Aplikasi, Namun Tetap Online

Cara Membuat WA Centang 1 Tanpa Aplikasi

Cara Membuat WA Centang 1 Tanpa Aplikasi – Untuk membuat WA centang 1 namun tetap online sangat bisa Anda lakukan. Bahkan tanpa harus menggunakan bantuan aplikasi tertentu. Bagaimana sih caranya? Tenang, artikel ini akan memberikan informasi tentang cara membuat WA centang 1 tanpa aplikasi.

Namun sebelum masuk ke dalam pembahasan tentang cara membuat WA centang 1 tanpa aplikasi, ada baiknya kami kemukakan terlebih dahulu mengenai apa maksud dari centang 1 pada WA? Kenapa harus melakukan mode WA centang 1?

Apa Itu Mode Centang 1 Pada WA?

Perlu Anda ketahui bahwa pada aplikasi WhatsApp atau yang lebih dikenal dengan sebutan WA terdapat beberapa mode centang yang masing-masing modenya punya arti tertentu. Terutama dalam konteks chat atau pesan WA. Berikut adalah penjelasan masing-masing mode centang pada fitur chat WA.

  • Centang 1. Mode ini umumnya memiliki pengertian bahwa status pesan atau chat WA sudah terkirim namun belum masuk ke kontak si penerima pesan. Biasanya karena si penerima sedang tidak online, kontak si pengirim diblokir oleh si penerima, atau memang sengaja dibuat atau diatur seperti itu karena alasan-alasan tertentu.
  • Centang 2 hitam/abu-abu. Mode ini umumnya memiliki arti bahwa status pesan atau chat WA sudah terkirim dan sudah masuk ke kontak si penerima. Namun pesan tersebut belum dibuka atau dibaca.
  • Centang 2 biru. Mode ini umumnya memiliki arti bahwa status pesan atau chat WA sudah terkirim dan sudah masuk ke kontak si penerima, serta sudah dibuka atau dibaca.

Dari penjelasan di atas, apakah Anda sudah paham yang dimaksud dengan status centang 1 pada pesan WA? Nah, jika sudah, mari kita beranjak ke pembahasan berikutnya, yakni tentang alasan kenapa harus melakukan centang 1 pada status pesan WA? Silakan simak uraian pada paragraf-paragraf di bawah ini.

Kenapa Perlu Melakukan Status Centang 1 Pada Pesan WA?

Seperti disebutkan sebelumnya bahwa status centang 1 pada pesan WA memiliki arti umum kalau pesan chat yang dikirim belum masuk ke kontak si penerima pesan. Entah karena si penerima memang tidak sedang aktif/online. Atau bisa jadi si penerima memblokir kontak si pengirim pesan. Atau memang si penerima pesan sengaja mengatur mode seperti itu karena alasan-alasan tertentu.

Baca Juga:  Cara Mengetahui Password Wifi Tetangga yang Belum Terhubung

Nah, dua poin pertama di atas merupakan alasan yang umum berlaku mengenai status centang 1 pada pesan chat WA. Sementara untuk poin terakhir memang didasari oleh unsur kesengajaan karena alasan-alasan tertentu. Poin terakhir inilah yang akan diulas pada artikel ini.

Sebetulnya ada banyak alasan ketika si penerima pesan sengaja mengatur dan membuat mode centang 1 pada pesan chat WA. Tiap pelaku bisa jadi memiliki alasan yang sama, bisa juga berbeda. Sebab itu masuk ranah subjektif masing-masing pelaku.

Baca juga : Cara Mendapatkan Kuota Gratis Axis Tanpa Aplikasi

Walaupun demikian, sebetulnya setiap alasan di balik pengaturan mode centang 1 pada pesan chat WA yang dilakukan secara sengaja bisa ditarik pola umumnya. Entah karena alasan untuk menghindar dari seseorang (atau lebih) yang ada di dalam daftar kontak WA si pelaku.

Bisa juga karena alasan tidak ingin diganggu. Atau bisa jadi karena hanya ingin saja. Bahkan tidak menutup kemungkinan karena alasan coba-coba mempraktikkan ilmu yang baru saja diperolehnya.

Cara Membuat WA Centang 1 Tanpa Aplikasi

Nah, jika Anda saat ini sedang ingin mengetahui cara mengatur atau membuat mode centang 1 pada pesan chat WA secara sengaja karena alasan tertentu, entah karena ingin menghindar dari seseorang atau karena alasan lainnya, sebetulnya ada banyak cara yang bisa Anda lakukan.

Apalagi sekarang ada banyak aplikasi pihak ketiga yang dapat menunjang kebutuhan tersebut. Tinggal unduh dan install aplikasinya, lalu silakan ikuti langkah-langkahnya.

Namun apakah ada cara untuk membuat WA centang 1 tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga? Jawabannya tentu saja ada. Sebab, apa sih di dunia ini, terutama dunia teknologi, yang tidak bisa diadakan?

Lantas bagaimana cara membuat WA centang 1 tanpa aplikasi? Nah, untuk jawaban dari pertanyaan ini, silakan simak trik yang akan kami berikan pada paragraf-paragraf berikut ini.

  1. Non Aktifkan Data Seluler

Untuk membuat status pesan WA hanya terlihat centang 1 oleh si pengirim pesan tanpa bantuan aplikasi, bisa Anda lakukan dengan mudah. Tinggal non aktifkan saja data seluler atau koneksi internet pada perangkat ponsel Anda. Secara otomatis, tampilan status pesan WA yang terlihat oleh si pengirim pun hanya centang 1.

Baca Juga:  Begini Cara Praktis Menyalakan Lampu Keybord Laptop Asus

Tapi ingat, cara ini hanya berlaku ketika Anda sedang dalam mode non aktif (tanpa koneksi internet) saja. Apabila Anda menyalakan kembali koneksi internet, maka cara ini tidak ada gunanya lagi.

Sebab, ketika data seluler aktif (koneksi internet kembali menyala/tersambung), secara otomatis pesan chat yang dikirim ke WA Anda pun statusnya terkirim. Dan, nantinya status pesan yang terlihat oleh si pengirim pun bukan lagi centang 1, melainkan jadi centang 2.

Baca juga : Cara Melihat Pesan WA yang Sudah Dihapus Tanpa Aplikasi

  1. Lakukan Blokir Kontak

Selain menonaktifkan data seluler (memutus koneksi internet), cara membuat WA centang 1 tanpa aplikasi bisa Anda lakukan dengan memblokir daftar kontak WA yang ada di ponsel Anda. Dijamin ketika ia atau mereka (yang kontaknya sudah Anda blokir) mengirim pesan chat ke WA Anda, maka ia atau mereka hanya akan melihat status pesan yang dikirimnya itu centang 1.

Lagi-lagi cara ini hanya berlaku ketika si pengirim pesan itu status kontaknya dalam mode blokir. Namun apabila Anda menonaktifkan status blokirnya, kemudian ia mengirimkan pesan chat kembali kepada Anda, dan kebetulan koneksi internet Anda menyala, maka status pesan yang dilihat si pengirim pun tidak lagi centang 1, tapi centang 2.

  1. Gunakan WhatsApp Plus

Jika dua cara di atas sangat tidak mungkin Anda lakukan, cobalah cara berikut. Gunakan WhatsApp Plus. Sebuah aplikasi WA yang sudah dimodifikasi dan memiliki lebih banyak fitur tambahan dari aplikasi WA standar. Termasuk fitur untuk mengatur status centang 1 pada pesan WA.

Nah, dengan menggunakan aplikasi WhataApp Plus, Anda bisa melakukan cara membuat WA centang 1 tanpa harus menginstall aplikasi tambahan. Cukup ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Silakan ganti aplikasi WhatsApp standar dengan aplikasi WhatsApp Plus. Caranya: uninstall aplikasi WA standar (resmi) Anda. Namun sebelum melakukan uninstall, pastikan Anda telah melakukan backup history chat. Lalu silakan install aplikasi WA Plus sebagai gantinya. Anda bisa mendapatkan aplikasi ini di PlayStore atau AppStore.
  • Apabila WhatsApp Plus sudah terinstall, silakan jalankan aplikasi tersebut dan lakukan verifikasi nomor HP.
  • Berikutnya silakan lakukan restore seluruh history chat WA yang Anda backup sebelumnya.
  • Kemudian di beranda aplikasi WhatsApp Plus, silakan klik ikon titik tiga di pojok kanan atas, lalu pilih opsi “Privasi”.
  • Selanjutnya pilih menu “Blue Ticks”. Kemudian pilih lagi menu “Hide For Contact”.
  • Anda juga bisa menyembunyikan status centang 1 tersebut dalam opsi “Hide for Group”.
  • Silakan Anda klik lagi ikon titik tiga di pojok kanan atas.
  • Kemudian silakan pilih menu “Privasi”, lalu pilih “Second Tick”.
  • Terakhir silakan pilih lagi “Hide for Contact”. Selesai.
  1. Gunakan GB WhatsApp

Cara mengatur dan membuat WA centang 1 tanpa aplikasi juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan GB WhatsApp. Sama seperti WhatsApp Plus, GB WhatsApp adalah aplikasi WA yang sudah dimodifikasi, sehingga fitur-firur yang ada di dalamnya lebih banyak daripada WA standar. Termasuk salah satunya fitur pengaturan status pesan centang 1.

Baca Juga:  Cara Mematikan Komputer Standar Hingga yang Paling Keren

Untuk melakukannya, silakan ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Silakan ganti aplikasi WhatsApp standar dengan aplikasi GB WhatsApp. Caranya: uninstall aplikasi WA standar (resmi) Anda. Namun sebelum melakukan uninstall, pastikan Anda telah melakukan backup history chat. Lalu silakan install aplikasi GB WA sebagai gantinya. Anda bisa mendapatkan aplikasi ini di PlayStore atau AppStore.
  • Apabila GB WhatsApp sudah terinstall, silakan jalankan aplikasi tersebut dan lakukan verifikasi nomor HP.
  • Kemudian silakan lakukan restore seluruh history chat WA yang Anda backup sebelumnya.
  • Setelah itu, silakan klik “ikon tiga titik” di pojok kanan atas.
  • Kemudian pilih opsi “Fouad Mods/AlexMods” atau “Gb mod”.
  • Selanjutnya silakan klik menu pengaturan. 
  • Lalu klik “Privacy and Security”
  • Silakan ubah pengaturan privasi untuk kontak dan grup
  • Lakukan scroll ke atas ke bawah hingga ke bagian Chat.
  • Silakan pilih pengaturan untuk “Contacts dan Groups“. Kemudian akan muncul pop up yang berisi beberapa opsi.
  • Silakan pilih “Hide blue ticks” dan “Hide second ticks”. Selesai.

Itulah beberapa opsi cara membuat WA centang 1 tanpa bantuan aplikasi tambahan yang bisa Anda lakukan. Semua opsi tersebut, kami kira, mudah untuk dilakukan. Tinggal ikuti saja perintah yang telah dikemukakan di atas. Selamat mencoba!

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.