Cara Membuat Nada Dering Suara Google Tanpa Aplikasi, Mudah dan Praktis!

Cara Membuat Nada Dering Suara Google Tanpa Aplikasi

Ingin tahu cara membuat nada dering suara Google tanpa aplikasi untuk dipasang sebagai nada dering ponsel? Silakan simak artikel berikut sampai tuntas. Karena melalui artikel ini kami akan kupas cara mudah untuk membuat nada dering suara google tanpa aplikasi sebagaimana yang Anda harapkan.

Namun sebelumnya, perlu kami kemukakan terlebih dahulu bahwa bagi sebagian orang, punya nada dering ponsel yang unik adalah sebuah kebanggaan. Bahkan bisa dijadikan ajang “pamer” untuk meningkatkan citra diri di hadapan liyan seperti kawan sepertongkrongan, kolega, atau bahkan klien bisnis.

Salah satu nada unik yang belakang digemari beberapa pengguna smartphone adalah suara Google dengan aksennya yang amat khas itu. Aksen yang agak sedikit terbata, yang kadang membuat pendengarnya senyum-senyum geli. Terutama jika disetting menggunakan bahasa Indonesia. Apalagi konten materi suaranya bisa dibuat-buat.

Bagaimana cara membuatnya?

Jangan khawatir, kami akan berikan informasinya kepada Anda. Sebuah informasi tentang cara membuat nada dering suara Google yang unik tanpa bantuan aplikasi tertentu. Sehingga Anda tak perlu untuk repot untuk mendownload dan menginstal aplikasinya. Cukup ikuti langkah-langkah yang kami berikan sebagaimana tertuang pada paragraf-paragraf berikut ini: 

Begini Cara Membuat Nada Dering  Suara Google Tanpa Aplikasi

Pertama-tama, yang perlu Anda siapkan terkait cara untuk membuat nada dering suara Google tanpa aplikasi adalah fasilitas internet. Pastikan modal dasar ini Anda penuhi terlebih dahulu. Cek kuota internet ponsel Anda, apakah masih ada atau sudah habis. Bila masih ada, berarti aman. Namun bila kuota internet habis, segera lakukan isi ulang.

Baca Juga:  Begini Cara Membuat WA Centang 1 Tanpa Aplikasi, Namun Tetap Online

Kenapa fasilitas internet sangat penting disiapkan untuk keperluan membuat nada dering suara Google? Alasannya sederhana, karena cara untuk membuat nada dering suara Google tanpa aplikasi yang hendak kami kemukakan dalam artikel ini berbasis pada bantuan teknologi “text to speech” yang hanya dapat dijalankan bila terhubung dengan koneksi internet.

Baca juga : Cara Mematikan Komputer

Bila Anda sudah menjamin ketersediaan fasilitas internet, langkah selanjutnya adalah siapkan teks tulisan yang nantinya akan dijadikan sebagai suara nada dering. Misal “Mas/Mbak/Bu/Pak [tulis nama Anda] tolong diangkat telponnya, ada panggilan masuk”, atau “Ada pesan masuk di WA, tolong segera dibuka dan dibaca”, atau terserah Anda mau bunyi teks yang seperti apa. Anda bisa menyiapkan teks tulisan tersebut di sebuah media seperti “Samsung Note” (bila Anda pengguna Samsung), atau “Word Office” dan sejenisnya.

Bila teks tulisan sudah disiapkan, selanjutnya Anda tinggal ikuti langkah-langkah berikut:

  • Silakan buka/akses situs “text to speech” ini (http://soundoftext.com) melalui web browser pada perangkat yang digunakan. Maka akan keluar tampilan kolom seperti gambar di bawah ini:
  • Setelah itu, “Salin” atau “Copy” teks tulisan yang sudah Anda buat, lalu “Paste” di kolom “Text”.
  • Kemudian pada kolom “Voice”, pilih bahasa teks yang nanti akan disuarakan. Misal “Indonesian” bila Anda memang menginginkan format bahasa teks yang digunakan adalah bahasa Indonesia.
  • Jika sudah, klik menu “Submit”, dan tunggu hingga proses konversi selesai.
  • Lalu klik menu “Download” untuk mengunduh file suara dalam format MP3.
  • Silakan simpan file MP3 suara Google tersebut di ponsel Anda.

Hingga tahap ini, Anda sudah berhasil memiliki “suara Google” yang konten materinya sesuai dengan teks tulisan yang telah Anda buat. Nah, jika Anda menginginkan “suara Google” tersebut untuk dijadikan sebagai nada dering panggilan ataupun notifikasi pesan WhatsApp, misalnya, silakan ikuti langkah-langkah yang ada pada paragraf-paragraf di bawah ini.

Baca Juga:  Begini Cara Membuat Gambar Menjadi HD Tanpa Aplikasi, Sangat Mudah dan Praktis

Cara Mengganti Nada Dering Panggilan/Notifikasi Pesan WhatsApp Dengan Suara Google

Cara mengubah nada dering panggilan/notifikasi WhatsApp menggunakan suara Google dapat Anda lakukan dengan mengikuti dua tahap berikut. Pertama, tambahkan file MP3 suara Google yang sudah tersimpan menjadi pilihan ringtone ponsel Android. Kedua, ubah nada dering panggilan/notifikasi pesan WhatsApp dari mode “default” ke “file MP3 suara Google” yang sudah berhasil Anda tambahkan. Berikut adalah penjelasan detail masing-masing kedua tahapan tersebut.

Cara Menambahkan Nada Dering Suara Google di Android

Untuk menambahkan suara Google hasil konversi yang telah disimpan sebelulmnya sebagai nada dering pada ponsel Android, Anda dapat ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Silakan buka aplikasi “File Manager” atau “My Files” pada ponsel Android Anda.
  • Kemudian cari folder “Notifications” atau “Ringtones”, 
  • Lalu pindahkan suara Google MP3 yang sudah diunduh tadi ke dalam folder tersebut.
  • Jika sudah, mestinya file MP3 suara Google sudah berhasil ditambahkan dalam daftar ringtone ponsel Android Anda.

Baca juga : Cara Membuat Gambar Menjadi HD Tanpa Aplikasi

Namun jika menggunakan cara tersebut dirasa kurang berhasil, coba lakukan alternasi berikut:

  • Silakan masuk ke “Pengaturan” atau “Settings” ponsel yang biasanya disimbolkan dengan gambar gear.
  • Kemudian pilih menu “Sounds and Vibrations”
  • Lalu klik “Ringtone”
  • Selanjutnya cari tombol “Plus (+)” atau menu “Add”
  • Kemudian pilih file mp3 suara Google hasil konversi yang telah Anda simpan di folder penyimpanan untuk ditambahkan sebagai nada dering
  • Selesai.

Sampai tahap ini, suara Google hasil konversi yang telah Anda download dan simpan sebelumnya, sudah berhasil dijadikan sebagai nada dering ponsel Android Anda. Tahap selanjutnya Anda tinggal menyettingnya sebagai nada dering panggilan/notifikasi pesan WhatsApp. Untuk langkah-langkahnya bisa dibaca pada paragraf-paragraf di bawah ini.

Baca Juga:  Cara Melihat Pesan WA yang Sudah Dihapus Tanpa Aplikasi

Cara Mengganti Nada Dering Panggilan/Notifikasi Pesan WhatsApp

Untuk mengganti nada dering panggilan masuk maupun nada notifikasi pesan WhatsApp dengan menggunakan suara Google yang telah berhasil dijadikan sebagai nada dering ponsel, Anda dapat melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Silakan buka aplikasi WhatsApp pada ponsel Anda.
  • Lalu klik ikon “Titik Tiga” yang ada di pojok kanan-atas. 
  • Kemudian pilih “Settings” untuk dapat masuk masuk ke kolom pengaturan WhatsApp.
  • Selanjutnya, pilih “Notifications”
  • Lalu pilih menu sesuai nada dering yang ingin diubah. Misal untuk mengubah nada notifikasi pesan masuk, Anda dapat mengklik “Notification Tone” atau Nada Notifikasi” pada entri “Messages” atau “Pesan”. Sedangkan bila ingin mengubah nada dering panggilan masuk WhatsApp, Anda dapat mengklik “Ringtone” atau “Nada Dering” pada entri “Call” atau “Panggilan”.
  • Kemudian pilih file MP3 suara Google yang telah berhasil Anda jadikan sebagai nada dering ponsel.
  • Selesai. Sekarang nada dering panggilan masuk atau nada notifikasi pesan masuk WhatsApp Anda sudah menggunakan “suara Google” yang konten materinya sesuai dengan yang Anda buat sebelumnya.

Bagaimana, tidak sulit kan?

Demikian informasi mengenai cara membuat nada dering suara Google tanpa aplikasi. Sangat mudah dan praktis. Tanpa perlu harus mendownload dan menginstal aplikasi tertentu yang hanya menuh-menuhin memori ponsel. Cukup bermodalkan kuota internet dan meminta bantuan situs konversi “teks to speech” atau “teks to voice” yang dapat diakses secara gratis. Selamat mencoba!

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.