Cara Mematikan Komputer dengan Keyboard Anti Mainstream

Cara Mematikan Komputer dengan Keyboard

Cara mematikan komputer dengan keyboard dapat dilakukan dengan berbagai langkah mudah. Laptop menjadi salah satu perangkat keras yang berfungsi untuk sarana bekerja, belajar, hingga hiburan. Hanya, setiap laptop memiliki usia hingga batasan kinerja yang bergantung pada performa dari kombinasi software dan hardware. 

Beberapa kondisi mengakibatkan laptop error memungkinkan performa RAM menjadi lambat. Tentu, salah satu mengatasi kondisi tersebut bisa dilakukan dengan cara mematikan laptop error dengan keyboard. 

Ada beberapa shortcut yang memudahkan untuk mematikan komputer jika sewaktu-waktu terjadi hang atau merasa bosan dengan cara yang biasa digunakan. Namun, pastikan beberapa langkah bisa berfungsi dengan baik sesuai kondisi laptop. Penasaran dengan cara mematikan komputer dengan keyboard?

Cara Mematikan Komputer dengan Keyboard Anti Mainstream

Berikut ini beberapa cara mematikan komputer dengan keyboard anti mainstream yang dapat Anda coba, antara lain sebagai berikut:

Lewat Windows + U 

Cara sederhana pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menekan tombol Windows dan U. Nah, pengguna hanya membutuhkan beberapa kali percobaan untuk shortcut di atas. Pengguna hanya menekan tombol Window + U + U sampai otomatis laptop akan shutdown. 

Lewat Windows + X

Cara mematikan komputer dengan keyboard selanjutnya, Anda bisa mematikan laptop Windows 10 tanpa mouse dengan kombinasi tombol Windows + X. Ini akan memunculkan menu di pojok kiri bawah layar. Pilih opsi “Shut down or sign out” dengan tombol panah, kemudian pilih “Shut Down“.

Lewat Windows + Tab + Enter

Anda juga dapat menggunakan cara mematikan komputer dengan keyboard satu ini. Cukup melalui menu Start dengan menekan tombol keyboard Windows. Tekan tombol Tab sebagai penggeser kolom seleksi. Kemudian, setelah seleksi berada pada kolom yang sejajar dengan ikon power, gerakkan pilihan menuju ikon tersebut. Selanjutnya tekan enter, dan pilih opsi “Shutdown” apabila ingin mematikan komputer Anda. 

Baca Juga:  Cara Menambah Followers TikTok Gratis Tanpa Aplikasi [Dijamin Aman]

Baca juga : Cara Memasukkan Foto Ke Twibbon

Selain lewat kombinasi tombol keyboard, Anda juga bisa mematikan Windows 10 dengan menekan tombol daya di fisik laptop atau komputer. Sebelumnya pastikan dulu tombol ini akan menjalankan fungsi dimaksud dengan cara membuka Power Options di Control Panel. Pilih Opsi “Choose what the power button does” di tab di sisi kiri jendela. 

Kemudian, lewat menu drop down yang muncul, pilihlah apa yang akan dilakukan komputer apabila tombol daya ditekan. Selain mematikan perangkat, Anda juga bisa memilih agar komputer memasuki mode sleep atau hibernation.

Lewat ALT + F4 

Selanjutnya, pengguna bisa ikuti cara mematikan laptop error dengan keyboard menggunakan tombol ALT dan F4. Pengguna hanya menekan kombinasi ALT + F4 hingga muncul beberapa pilihan. Geser ke menu shutdown hingga laptop atau komputer akan langsung proses ke mode nonaktif. 

Lewat CTRL + ALT + DEL 

Kemudian, pengguna bisa ikuti cara lain dengan menggunakan shortcut CTRL + ALT + DEL. Pengguna harus menekan tombol secara bersamaan hingga muncul logo shutdown. Berikutnya, pengguna bisa tekan logo shutdown dan laptop atau komputer menuju kondisi off. 

Mengganti Tombol Power

Umumnya, cara ini hanya berlaku bagi komputer atau laptop yang secara default tombol powernya tidak berada pada posisi shut down tetapi pada posisi sleep. Jadi ketika Anda ingin shut down dari tombol power yang ada di tombol Start maka Anda meski memilih opsi shut down terlebih dahulu. Cara ini tentunya sangat tidak efektif maka dari itu Anda perlu mengubah tombol power menjadi langsung ke shut down. Caranya buka Control Panel, lalu klik Hardware and Sound > Change what the power buttons do pada Power Options. Ubahlah posisi power button defaultnya menjadi ke Shut down.

Baca Juga:  Cara Memperjelas Foto Yang Buram Online, Anti Gagal!

Menggunakan Command Prompt (CMD)

Selain kedua cara diatas, mematikan komputer bisa dilakukan melalui Command Propmt atau CMD. Pertama, buka CMD dengan cara masuk dari jendela Run (menekan tombol Windows+R). Kemudian dari kotak pencarian Run, ketik CMD lalu tekan Enter. Nah, untuk mematikan komputer melalui CMD ini, Anda hanya perlu mengetik perintah shutdown.exe -s dan Enter. Maka secara otomatis komputer Anda akan mati.

Baca juga : Cara Menyadap HP Suami Jarak Jauh Tanpa Aplikasi

Mematikan Komputer Otomatis 

Cara mematikan komputer dengan keyboard secara otomatis yaitu dalam waktu tertentu bisa dilakukan dengan menggunakan software pihak ke tiga untuk memudahkannya. Anda dapat mencoba cara ini pada perangkat komputer yang dimiliki.

Caranya menggunakan kode dan menginputkannya pada menu Run. Untuk lebih jelasnya berikut ini langkah – langkah mematikan komputer secara otomatis.

Munculkan jendela menu Run dengan menekan “Windows + R” pada keyboard Anda

Kemudian ketika kode berikut “ shutdown -s-t 1800”

Anda bisa mengganti kode (-s) dengan (-l) untuk perintah log off, atau (-r) untuk melakukan reboot. Angka 1800 adalah dalam satuan detik, artinya perintah tersebut akan jalan setelah sekian detik.

Mematikan Komputer Otomatis
Mematikan Komputer Otomatis

Shut Down Dari Lock Screen Windows

Untuk yang satu ini, Anda tentunya sudah sering melihatnya ketika lock screen Windows. Untuk lock screen, Anda dapat menekan Windows + L pada keyboard. Setelah itu, akan tampil lock screen Windows. Pada halaman ini, Anda bisa melihat tombol Shut down. Klik tombol tersebut maka secara otomatis komputer Anda akan mati.

Lewat tombol Power 

Nah, apabila kondisi laptop error dan tidak mengikuti kondisi di atas bisa melakukan dengan tahan tombol power. Pengguna bisa menekan tombol power dalam beberapa detik hingga layar menghitam. 

Baca Juga:  Cara Mengetahui Password Wifi Tanpa Aplikasi

Ketika Anda menggunakan Windows 10, maka bisa menggunakan cara selanjutnya yaitu dengan menekan tombol daya di fisik laptop atau komputer. Sebelumnya pastikan dulu tombol ini akan menjalankan fungsi dimaksud dengan cara membuka Power Options di Control Panel. Pilih Opsi “Choose what the power button does” di tab di sisi kiri jendela.

Kemudian, lewat menu drop down yang muncul, pilihlah apa yang akan dilakukan komputer apabila tombol daya ditekan. Selain mematikan perangkat, Anda juga bisa memilih agar komputer memasuki mode sleep atau hibernation.

Metode hard reset ini cukup riskan karena dapat memengaruhi performa hardware laptop. Melihat resiko tersebut, alangkah lebih baiknya jika metode ini tidak digunakan terlalu sering saat kondisi laptop error terjadi lagi. Ingat, jangan biasakan mematika laptop dengan metode ini.

Demikian beberapa cara mematikan komputer dengan keyboard lewat berbagai shortcut anti mainstream. Anda dapat mencobanya satu per satu agar gaya mematikan komputer yang digunakan bisa lebih bervariasi dan tidak monoton. Jika sebelumnya paling hanya menggunakan tombol shutdown dari menu Windows, kini Anda mengetahui cara lain yang bisa berguna nantinya. Paling tidak, jika cara satunya sudah bosan, Anda bisa beralih ke cara lainnya lagi. Semoga artikel satu ini bisa bermanfaat dan selamat mencoba!

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.