Cara Melihat Foto yang Sudah Dihapus di HP

Cara Melihat Foto yang Sudah Dihapus di HP

Cara melihat foto yang sudah dihapus di HP merupakan hal penting yang harus diketahui para pemilik HP jika suatu saat tidak sengaja menghapus foto. Apalagi foto yang terhapus tadi tidak bisa langsung dipulihkan seperti yang bisa dilakukan di komputer atau laptop. Ketika tidak sengaja menghapus foto, terlebih jika foto tersebut menyimpan hal penting tentu Anda akan merasa panik dan bingung. Sebab belum tahu bagaimana cara mengembalikan foto yang sudah terhapus di HP.

Tenang saja, untuk mengatasi hal tersebut, Anda cukup menyimak penjelasan ini dengan seksama. Terdapat beberapa cara melihat foto yang sudah dihapus di HP dengan mudah. Jadi tak perlu mengeluarkan uang lebih untuk menggunakan aplikasi berbayar maupun datang langsung ke tempat servis HP untuk mengembalikan foto yang sudah dihapus tadi. Dengan membaca penjelasan berikut, finansial Anda akan aman.

Seperti yang diketahui saat ini, smartphone adalah kebutuhan yang harus dimiliki oleh setiap orang. Baik untuk kebutuhan hiburan, komunikasi maupun pembelajaran. Semuanya membutuhkan bantuan smartphone tersebut untuk membantu dalam mempermudah aktivitas.

Namun Ketika suatu saat tidak sengaja menghapus file penting, seperti foto, Anda akan kebingungan. Secara umum, cara melihat foto yang sudah dihapus di HP secara permanen tidak akan bisa dipulihkan lagi karena sudah tidak tersimpan di dalam memori HP. Namun hal ini bisa disiasati menggunakan aplikasi tambahan atau aplikasi pihak ketiga. 

Berikut beberapa cara melihat foto yang sudah dihapus di HP Android maupun iPhone yang dapat Anda lakukan, antara lain:

Aplikasi untuk Mengembalikan Foto di HP Android

Berbagai aplikasi Android memang sudah tersedia untuk memenuhi segala kebutuhan penggunanya. Termasuk cara melihat foto yang sudah dihapus di HP Android. Ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk menjalankan cara melihat foto yang sudah dihapus di HP, antara lain:

Baca Juga:  Cara Mengetahui Password Wifi Tanpa Aplikasi

Google Photo

Cara melihat foto yang sudah dihapus di HP Android yang pertama adalah menggunakan Google Photos. Aplikasi ini sudah tersedia secara gratis di Google Play Store. Jika Anda ingin mengembalikkan foto yang terhapus, maka aplikasi ini dapat Anda gunakan untuk mempermudah hal tersebut.

Biasanya Google Photo akan secara otomatis menyimpan foto dan video yang terhapus pada folder trash selama 60 hari. Namun hal file foto tersebut memang sebelumnya harus dibackup di Google Photo dan disinkronisasi dari layanan Google Photos terlebih dahulu. Bisa dikatakan hal ini adalah bentuk antisipasi.

Baca juga : Cara Melihat Foto Profil Instagram

Jika sebelumnya perangkat Anda sudah terinstall aplikasi tersebut, maka cara melihat foto yang sudah dihapus di HP bisa dilakukan dengan cara berikut:

  • Buka aplikasi Google Photos atau Photos yang tersedia di perangkat Anda
  • Ketuk ikon garis tiga di sudut kiri atas
  • Ketuk ikon tempat sampah (opsi Trash/Sampah)
  • Pilih foto yang ingin dipulihkan dengan cara ketuk dan tahan beberapa saat hingga tanda centang muncul
  • Klik ikon tanda panah melingkar (opsi Recovery/Pulihkan) yang ada di bagian atas
  • Tunggu hingga prosesnya selesai dan selamat foto kamu sudah kembali ke galeri.

Aplikasi Deleted Photo Recovery

Cara melihat foto yang sudah dihapus di HP juga bisa dilakukan melalui aplikasi Deleted Photo Recovery. Aplikasi ini menawarkan kemudahan dan kecepatan dalam mengembalikan foto yang sudah dihapus di HP bahkan foto yang tersembunyi di dalam perangkat Android sekalipun. Tidak perlu repot-repot menggunakan PC atau Laptop maupun melakukan proses rooting untuk menggunakan aplikasi ini. Anda dapat langsung mendownload dan menginstallnya melalui Play Store secara gratis.

Aplikasi Dumpster

Aplikasi selanjutnya yang dapat Anda gunakan untuk menjalankan cara melihat foto yang sudah dihapus di HP bisa dilakukan menggunakan aplikasi Dumpster. Sama halnya seperti cloud storage, aplikasi ini yang akan secara otomatis menyimpan foto-foto yang ada di HP. Aplikasi ini juga menjamin keamanan data para penggunanya, sehingg Anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut. Anda cukup menginstallnya untuk mengembalikan foto yang terhapus. Lalu cek pada bagian folder Bin dan Restore/Pulihkan foto yang sudah terhapus.

Baca Juga:  Begini Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus Permanen di HP Maupun Laptop, Mudah dan Praktis!

Aplikasi DiskDigger Photo Recovery

Aplikasi DiskDigger dapat digunakan menjadi salah satu cara melihat foto yang sudah dihapus di HP. Namun Anda perlu melakukan rooting terlebih dahulu di perangkat sebelum bisa menggunakannya. Baru kemudian bisa dengan leluasa memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia di dalamnya. Bagi Sebagian, orang, melakukan rooting adalah hal yang cukup sulit dan beresiko bagi perngkatnya. Oleh sebab itu, pikirkan baik-baik sebelum menggunakannya.

Aplikasi DigDeep Image Recovery

Cara melihat foto yang sudah dihapus di HP selanjutnya bisa dilakukan melalui aplikasi DigDeep Image Recovery. Aplikasi ini merupakan salah satu solusi terbaik untuk mengembalikan foto yang terhapus di Android. Anda dapat melihat foto yang terhapus di memori internal maupun eksternal. Jadi tidak perlu bingung jika tidak tahu cara melihat foto yang sudah dihapus di HP. 

Cukup dengan menginstallnya dan selanjutnya masuk ke aplikasi ini untuk melakukan proses pemindaian atau scanning. Secara otomatis, aplikasi ini akan langsung bisa menemukan foto yang hilang atau terhapus. Aplikasi ini merupakan aplikasi terbaik yang dapat digunakan untuk menjalankan cara melihat foto yang sudah dihapus di HP. Tak perlu mengambil resiko dengan hal lain yang dapat merusak HP, seperti melakukan rooting terlebih dahulu.

Baca juga : Cara Melacak Handphone Yang Hilang

Cara Melihat Foto yang Sudah Dihapus di HP iPhone

Jika Anda pengguna iPhone, maka cara melihat foto yang sudah dihapus di HP berikut ini bisa Anda lakukan. Berikut caranya, antara lain:

Periksa Folder yang Baru Dihapus

Pada HP iPhone, saat ini memungkinkan foto yang terhapus tidak langsung hilang, melainkan masuk ke folder tertentu terlebih dahulu agar nantinya Ketika berubah pikiran, file tersebut bisa dipulihkan. Semua HP iPhone sudah memiliki folder Recently Deleted yang berisi foto-foto yang baru saja dihapus namun hanya bertahan selama 30 hari saja. Jika lebih dari itu maka foto akan terhapus secara permanen. Cara melihat foto yang sudah dihapus di HP iPhone dapat dilakukan hanya dengan mengetuk foto yang ingin dipulihkan, lalu klik Pulihkan/Recovery. Selanjutnya hanya perlu melakukan konfirmasi untuk memulihkan foto tersebut.

Baca Juga:  Cara Download Video Youtube Tanpa Aplikasi

iTunes

Pada HP iPhone terdapat aplikasi bawaan iTunes yang dapat digunakan juga untuk mengembalikan foto yang tidak sengaja terhapus permanen di iPhone. Sebab, secara otomatis aplikasi iTunes ini akan mencadangkan seluruh data-data yang terdapat di HP ketika terhubung dengan internet, termasuk foto dan video yang ada di galeri foto.

Cara melihat foto yang sudah dihapus di HP iPhone bisa dilakukan dengan menggunakan iTunes, yaitu dengan cara membuka fitur restore atau backup secara langsung. Berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan, antara lain:

  • Nonaktifkan fitur Cari iPhone Saya/Find My iPhone dari Pengaturan 
  • Buka akun iCloud 
  • Cari opsi Find My iPhone/Cari iPhone Saya
  • Kemudian sambungkan iPhone ke komputer 
  • Lalu buka aplikasi iTunes
  • Pada menu Backups di aplikasi iTunes, klik menu Restore Backup
  • Ikuti arahan prosesnya hingga selesai

iCloud

Cara melihat foto yang sudah dihapus di HP iPhone selanjutnya bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi iCloud. Namun pastikan sudah menyalakan fitur iCloud Photos, sebelum ingin melakukan cara melihat foto yang sudah dihapus di HP iPhone. Ketika Anda secara berkala rajin memperbarui cadangan iCloud, maka mencari kembali foto yang ingin dipulihkan adalah hal mudah. Apalagi jika Anda memiliki beberapa produk Apple yang seluruhnya menggunakan akun ID Apple yang sama di setiap perangkat. Anda dapat melakukan backup dan recovery dari seluruh perangkat yang ada.

Demikian beberapa cara melihat foto yang sudah dihapus di HP yang dapat Anda lakukan dengan mudah dan gratis di HP Android maupun iPhone. Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk menggunakan aplikasi berbayar atau untuk membayar jasa reparasi HP. Namun perlu diingat satu hal, yaitu selalu melakukan backup atau pencadangan pada file-file yang ada di HP agar dapat menghindari hal ini terjadi lagi di kemudian hari.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top