Cara Melacak Handphone Yang Hilang

Cara Melacak Handphone Yang Hilang

Cara melacak handphone yang hilang bisa dilakukan dengan beberapa langkah. Masing-masing Handphone biasanya memiliki cara tersendiri. Namun secara umum akan coba dijelaskan di bawah ini. 

Saat handphone Anda hilang tiba-tiba, hal yang perlu dilakukan adalah tetap tenang, tak perlu panik. Anda hanya perlu melacaknya jika kemungkinan besar jatuh di jalan. Jika kemungkinan diambil seseorang, maka segeralah melacaknya sebelum lokasinya terlalu jauh. Sehingga masih sempat menangkap orang tersebut. Oleh sebab itu, mengetahui cara melacak handphone yang hilang adalah hal wajib yang perlu diketahui oleh seluruh pemilik smartphone saat ini.

Apalagi handphone atau smartphone saat ini memang sudah seperti menjadi kebutuhan utama bagi seseorang. Penggunaan HP tidak bisa dijauhkan dari segala aktivitas masyarakat di zaman serba canggih ini. Bukan hanya sebagai media komunikasi jarak jauh seperti ponsel zaman dahulu, lebih dari itu. 

Smartphone bagi seseorang sudah multifungsi, seperti dijadikan sebagai alat bayar menggunakan e-wallet, transaksi mobile banking hingga dijadikan sebagai tempat menyimpan dokumen-dokumen penting. Tak bisa dipungkiri jika saat kehilangannya seseorang bisa saja panik. 

Tenang saja, kali ini akan dijelaskan beberapa hal terkait cara melacak handphone yang hilang, antara lain sebagai berikut:

Cara Mudah Melacak HP Hilang

Saat handphone tidak diketahui keberadaannya, baik itu lupa meletakkannya, hilang, jatuh atau bahkan dicuri orang maka pemiliknya seringkali akan khawatir. Sebab semua data-data penting ada di dalamnya, berikut semua akun baik itu akun bank, e-wallet, game, dan sebagainya. Pemiliknya khawatir jika hal-hal tersebut akan akan digunakan secara tidak bertanggung jawab. Harapan terbaiknya mungkin mengharapkan jika HP tersebut jatuh di suatu tempat dan akan ada yang mengembalikannya.

Baca Juga:  Cara Mengetahui Password Wifi Tetangga yang Belum Terhubung

Namun sebelum pasrah dengan ketidakpastian itu, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan terlebih dahulu. Seperti memblokir semua akun bank maupun akun lainnya yang ada di dalamnya, melacak lokasi HP yang hilang, dan terakhir melaporkan kehilangan tersebut kepada pihak berwajib.

Baca juga : Cara Melacak Handphone dengan IMEI

Adapun beberapa cara melacak handphone yang hilang berikut bisa Anda lakukan secara langsung, yaitu:

Melacak HP Melalui Google

Google saat ini sudah memiliki fitur layanan yang sangat berguna untuk melacak HP dan jam tangan Wear OS yang hilang. Dalam fitur tersebut juga menyediakan opsi untuk mengunci dan menghapus data-data HP yang hilang khususnya bagi pengguna Android.

Hal yang perlu dilakukan hanya dengan mengaksesnya melalui internet, Anda sudah dapat melacak HP Android yang hilang melalui fitur find Android milik Google. Berikut caranya: 

  • Kunjungi situs https://www.google.com/android/find
  • Setujui permintaan izin Google untuk melacak lokasi HP
  • Login ke akun Google yang ada di HP Anda, harus akun yang sama
  • Jika akun tersebut digunakan oleh lebih dari satu perangkat handphone, maka klik jenis HP yang hilang di bagian kiri atas
  • Jika pada handphone Anda yang hilang menggunakan lebih dari satu akun google, maka login dengan akun yang dijadikan profil utama
  • Beberapa saat kemudian akan muncul notifikasi pada HP yang hilang dari Google Play Service.
  • Lalu, akan muncul informasi mengenai lokasi HP di maps.
  • Namun, lokasi HP yang hilang bisa jadi tidak akurat dan hanya lokasi perkiraan. Tergantung pada pengaturan handphone yang hilang tersebut. 
  • Jika tidak berhasil menemukannya, maka disarankan untuk melihat lokasi terakhir HP yang tersedia.

Paling tidak, Google sudah menyediakan beberapa fitur lainnya yang bisa membantu pemilik HP untuk menemukan informasi lokasi handphonenya berada, antara lain:

  • Putar Suara (Play Sound): Fitur ini dapat membuat HP berdering selama 5 menit secara terus menerus tanpa henti. Meskipun sudah dalam keadaan mode getar atau silent.
  • Amankan Perangkat (Secure Device): Melalui fitur ini, pemilik HP dapat langsung mengunci perangkat menggunakan PIN, pola atau password dan mengirimkan pesan seperti nomor HP ke layar kunci handphone yang hilang. Hal ini berfungsi untuk dijadikan informasi bagi orang yang menemukan HP untuk menghubungi pemiliknya secara langsung.
  • Hapus Perangkat (Eraser Device): Fitur ini memungkinkan pemiliknya agar dapat menghapus seluruh data di HP secara permanen. Namun, data-data yang dihapus hanyalah data yang berada pada perangkat internalnya saja. Data yang berada di memori eksternal seperti kartu SD tidak akan terhapus. Perlu dicatat dan diingat bahwa ketika Anda menggunakan fitur ini, maka aplikasi Find My Device juga tidak akan berfungsi lagi. Artinya Anda hanya akan menggunakan fitur ini memang jika sudah menyerah, dan tidak ingin orang lain menggunakan data di dalamnya secara tidak bertanggung jawab.
Baca Juga:  Cara Melacak Handphone dengan IMEI

Baca juga : Cara Download Video Youtube Tanpa Aplikasi

Lacak Melalui Email

Cara mencari handphone yang hilang bisa dilakukan dengan mudah, berikut caranya:

  • Login ke akun Gmail yang ada di HP melalui aplikasi browser di PC atau laptop.
  • Klik ikon titik sembilan yang ada di bagian kanan atas.
  • Pilih opsi “Akun”.
  • Klik menu “Keamanan”.
  • Setelah itu, cek informasi mengenai perangkat yang memiliki akses Gmail Anda.
  • Pilih HP yang hilang untuk melacaknya.
  • Lalu klik tombol “Detail selengkapnya”.
  • Klik opsi menu “Cari perangkat”.
  • Nantinya Anda akan diarahkan ke fitur layanan Find My Device milik Google.

Walaupun mungkin peta di fitur layanan tersebut tidak menunjukkan lokasi HP secara akurat, cara ini bisa tetap dicoba untuk memperkirakan lokasi HP Anda. Jika masih bingung dengan cara di atas, selanjutnya akan dijelaskan cara yang lebih mudah.

Cara Melacak Handphone yang Hilang Melalui Akun Gmail

Cara melacak handphone yang hilang juga dapat dilakukan melalui akun Gmail. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mencarinya, antara lain:

  • Hal pertama yang harus dilakukan adalah, login pada aplikasi Google yang sama dengan akun yang ada di handphone
  • Selanjutnya, buka aplikasi Google Chrome pada perangkat lain, bisa menggunakan komputer, laptop, tablet, maupun smartphone.
  • Lalu ketikkan pada kolom pencarian, “cara melacak handphone yang hilang”, dan klik cari atau tekan tombol enter pada keyboard.
  • Secara otomatis, perangkat Anda akan menampilkan hasil pencarian teratas yaitu lokasi handphone yang hilang dengan sangat akurat. Dengan catatan, GPS handphone Anda sebelumnya sudah diatur secara akurat.
  • Terdapat beberapa pilihan yang dapat dipilih selanjutnya, antara lain perangkat lainnya yang tersinkron dengan akun Gmail, perintah untuk deringkan handphone yang hilang, dan perintah untuk memulihkan handphone yang hilang.
  • Jika sudah menemukan lokasinya, silakan datangi lokasi tersebut.
  • Jika Anda sudah tiba pada lokasi yang ditunjukkan pada peta, yang perlu Anda lakukan hanyalah memilih opsi “deringkan” pada hasil pencarian teratas tadi.
  • Maka secara otomatis, handphone Anda yang hilang akan berdering dengan keras.
  • Selanjutnya Anda hanya perlu mencari sumber suara tersebut.
Baca Juga:  Cara Menambah Followers TikTok Gratis Tanpa Aplikasi [Dijamin Aman]

Cara di atas sangatlah mudah dan dapat dilakukan oleh siapapun. Sehingga jika kebetulan Anda mengalami kehilangan handphone, tidak perlu khawatir. Cukup menggunakan cara tersebut untuk menemukannya. 

Demikian cara melacak handphone yang hilang dengan mudah. Tak perlu khawatir, tetap tenang. Lakukan beberapa cara di atas untuk menemukannya. Jika memang sudah buntu, baru laporkan kehilangan kepada pihak berwajib.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.