Cara Melacak Handphone dengan IMEI

Cara Melacak Handphone dengan IMEI

Cara melacak handphone dengan IMEI yang tertera pada perangkat dapat digunakan untuk mencari HP yang hilang. Namun sebelumnya perlu diketahui bahwa International Mobile Equipment Identity atau yang biasa disebut dengan IMEI merupakan nomor identitas khusus yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah handphone.

Biasanya sebuah handphone memiliki IMEI yang terdiri dari 14 digit angka dengan tambahan digit ke 15 yang digunakan untuk memverifikasi ulang seluruh digit sebelumnya. Adapun beberapa hal yang bisa diketahui lewat IMEI antara lain mulai dari asal ponsel tersebut dibuat, pabrikan, dan nomor model dari handphone. Dengan kata lain, IMEI dapat didefinisikan sebagai identitas resmi yang dimiliki oleh handphone Anda, sama seperti KTP yang dimiliki oleh warga Indonesia.

Beberapa digit nomor di atas juga digunakan oleh jaringan GSM untuk mengidentifikasi perangkat handphone yang mencoba untuk tersambung dengan jaringan tersebut. Oleh sebab itu, maka IMEI tidak hanya dapat difungsikan sebagai alat untuk mengidentifikasi perangkat seluler, namun juga dapat digunakan untuk memblokir handphone yang hilang dan dicuri agar tidak dapat tersambung ke jaringan GSM manapun.

Kasusnya sama seperti yang terdapat pada handphone BM (Black Market) atau handphone yang tidak memiliki atau tidak terdaftar IMEI-nya di Indonesia. Cara tersebut juga digunakan oleh pemerintah Indonesia untuk memberantas peredaran handphone BM yang beredar secara illegal di Indonesia. Jika nomor IMEI-nya tidak terdaftar maka akan otomatis tidak mendapatkan sinyal dari seluruh layanan penyedia jasa seluler di Indonesia. Artinya tidak bisa digunakan untuk berkomunikasi menggunakan jaringan provider apapun, kecuali WiFi.

Nomor IMEI ini bisa ditemukan pada hardware atau perangkat keras handphone itu sendiri. Caranya dengan membuka bagian belakang handphone dan mencabut baterainya. Biasanya nomor IMEI akan berada di bawah bagian baterai atau SIM Card handphone tersebut.

Namun jika handphone Anda menggunakan baterai jenis tanam yang tidak bisa dicabut dengan mudah, maka Anda hanya perlu mencarinya pada dus atau kotak wadah handphone yang ada saat Anda baru membelinya.

Cara Melacak Handphone dengan IMEI

Jika perangkat Anda yang hilang tersebut dalam keadaan mati ditambah kartu SIM-nya sudah diganti oleh yang menemukannya, maka sulit untuk melacak handphone yang hilang tersebut dengan IMEI. 

International Mobile Equipment Identity atau IMEI merupakan tanda pengenal yang dipunyai oleh masing-masing handphone dan akan berbeda satu dengan yang lainnya. Nomor IMEI ini tidak bisa diubah maupun dihilangkan dan akan melekat selamanya.

Baca juga : Cara Download Video Youtube Tanpa Aplikasi

Sehingga nomor IMEI memberikan peluang lebih besar kepada pemiliknya untuk menemukan handphone yang hilang jika sudah tersambung dengan email. Adapun cara untuk mengetahui nomor IMEI bisa dilakukan dengan langkah berikut:

  • Ketikkan *#06# pada bagian panggilan (tanpa mengetuk tombol untuk memanggil), 
  • Beberapa saat kemudian akan muncul nomor IMEI perangkat Anda.

Bisa juga melalui melalui menu pengaturan, dengan cara:

  • Buka menu Settings 
  • Pilih dan ketuk opsi About Phone atau Tentang Ponsel
  • Kemudian akan muncul informasi mengenai nomor IMEI

Setiap pengguna disarankan untuk mencatat nomor IMEI handphonenya untuk berjaga-jaga. Misalkan terjadi kehilangan maka IMEI tersebut bisa Anda gunakan untuk meminta bantuan polisi agar melacak handphone yang hilang. Sebab biasanya polisi juga melakukan pelacakan handphone yang hilang mengandalkan nomor IMEI.

Salah satu fungsi yang paling penting dari nomor IMEI adalah melacak keberadaan dari perangkat handphone Anda. Cara melacak handphone dengan IMEI mungkin terbilang cukup sulit bagi Sebagian orang. Namun Anda cukup mengikuti beberapa langkah yang akan dijelaskan selanjutnya untuk mencari handphone yang hilang.

Baca Juga:  Cara Mengetahui Password Wifi Tanpa Aplikasi

Terlebih jika di dalamnya terdapat berbagai data pribadi penting yang dikhawatirkan bisa disalahgunakan oleh pihak lain. Oleh sebab itu, mengetahui cara melacak handphone dengan IMEI adalah hal yang penting dan harus diketahui oleh semua orang.

Sebelum membahas caranya, hal yang perlu Anda miliki adalah Salinan nomor IMEI dari handphone tersebut. Kemudian untuk berjaga-jaga, Anda juga harus melaporkan dan membuat surat kehilangan kepada pihak yang berwajib.

Setelah mendapatkan surat kehilangan dari polisi, hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah menghubungi atau lebih baik mengunjungi gerai dari pihak penyedia layanan seluler yang ada di handphone Anda yang hilang.

Baca juga : Cara Mengecilkan File PDF Menjadi 200 Kb

Hal ini penting dilakukan karena biasanya dari pihak layanan penyedia jasa seluler akan menanyakan atau meminta surat kehilangan dari kantor polisi untuk memvalidasinya. Baru kemudian setelah ada dan terverifikasi, petugasnya akan melacak dan memberikan informasi tentang keberadaan handphone Anda yang hilang tersebut. Jadi memang prosesnya sedikit berbelit, namun semua demi keamanan data dan privasi pengguna itu sendiri.

Perlu diperhatikan bahwa cara melacak handphone dengan IMEI hanya dapat dilakukan selama handphone tersebut masih memiliki koneksi internet, koneksi GPS masih aktif, dan kartu SIM masih ada di dalamnya.

Melacak HP Hilang dalam Keadaan Mati

Biasanya cara melacak handphone yang hilang bisa dilakukan dalam keadaan handphone tersebut hidup, nomor selulernya aktif serta masih masuk atau login ke akun Google, mengaktifkan fitur lokasi HP dan terhubung dengan koneksi internet yang stabil.

Namun bagaimana jika HP yang hilang tersebut dalam kondisi mati atau sudah kehabisan baterai? Tenang saja, ada cara tersendiri untuk membantu Anda melacak HP hilang ketika mati. Berikut beberapa cara yang harus dilakukan, antara lain:

  • Buka aplikasi Google Maps.
  • Klik ikon segitiga kecil di bagian kanan halaman.
  • Klik opsi “Tambah Akun”.
  • Masukkan alamat email yang masih login di handphone Anda yang hilang.
  • Masukkan kata sandi 
  • Lalu klik “Saya Setuju”
  • Setelah itu, klik ikon segitiga kecil di kiri atas halaman.
  • Pilih opsi menu “linimasa”.
  • Lalu beberapa saat kemudian, aplikasi Google Maps akan mulai menunjukkan lokasi HP Android yang hilang.
Baca Juga:  Cara Melihat Foto Profil Instagram

Langkah Antisipasi Menggunakan Google Maps

Demi mengantisipasi hilangnya perangkat, maka jika HP Anda masih aman berada di genggaman, silahkan aktifkan fitur sharing location atau berbagi lokasi menggunakan aplikasi Google Maps dengan orang terpercaya atau akun Google Anda lainnya. Dengan mengaktifkannya, di kemudian hari Anda bisa melacak titik akurat HP berada ketika hilang selama fitur tersebut masih aktif. Berikut cara yang harus Anda lakukan:

  • Buka aplikasi Google Maps
  • Klik profil di kanan atas
  • Klik menu Location Sharing atau “Bagikan Lokasi”
  • Klik Share Location atau “Berbagi Lokasi”
  • Pilih waktu pelacakan antara “Selama satu jam/for 1 hour” atau “Hingga dinonaktifkan user/Until you turn this off”. Dapat disesuaikan berdasarkan penggunaan
  • Akan ada opsi email yang sering Anda akses untuk dipilih
  • Geser ke kanan dan klik “More” untuk menentukan email yang akan Anda bagikan lokasi terkini
  • Ketik alamat email yang akan dipercaya untuk berbagi lokasi
  • Setelah itu, lokasi HP Anda bisa dilacak, selama Anda tidak menonaktifkannya

Dengan cara ini, nantinya akan sangat memudahkan pemilik HP ketika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kehilangan HP. Cara ini agak berbeda dengan aplikasi Find My Device milik Google. Secara keseluruhan, cara ini justru bisa memberikan lokasi yang lebih akurat. Demikian informasi mengenai Cara Melacak Handphone dengan IMEI yang kami simpulkan.

Rate this post

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top