Harian Umum Pasundan Ekspres Online

Siswa SMP Tawuran, Warga Resah

PURWAKARTA-Warga Purwakarta kembali diresahkan dengan aksi tawuran pelajar. Umumnya mereka menganggap aksi-aksi tawuran yang melibatkan para pelajar, sudah pada titik yang mengkhawatirkan.
Sejumlah warga  yang kebetulan melintas di Jalan Veteran, dikejutkan dengan aksi tawuran antar dua SMP, Kamis (24/11). Kendati aksi pelajar tersebut tak seberingas aksi tawuran di kota besar, namun tetap saja menimbukan kengerian di kalangan masyarakat.
Takut tawuran melebar dan berlarut-larut, sejumlah warga berinisiatif membubarkan aksi para pelajar tersebut. Tatang (38) warga Gang Beringin menuturkan, perangai siswa sekolah yang sok jago tersebut, harus segera dihentikan. Paling tidak bisa diminimalisir. “Ini merupakan tugas sekolah dan orang tua. Jika dibiarkan, aksi mereka akan semakin beringas. Jangan sampai kita mengambil sikap setelah terjadi jatuh korban,” kata Tatang.
Menurutnya, pihak sekolah harus lebih mengintensifkan koordinasi dengan kepolisian. “Guru segera melakukan koordinasi dengan polisi apabila diketahui ada sekelompok siswa yang bergerombol di tempat-tempat tertentu. Biasanya mereka kumpul-kumpul seusai pulang sekolah,” imbuh Tatang.
Dijelaskannya, seringnya para siswa berkelompok usai pulang sekolah, menjadi salah satu pemicu terjadinya tawuran. Tatang yakin ada solusi untuk meredam aksi tawuran di Purwakarta, “Asalkan semua pihak yang berkompeten serius menanganinya,” tutur dia.(ays)

 
Catatan Dahlan Iskan

Kolom Khusus Catatan Dahlan Iskan

Dengan Grobogan Tidak Perlu Impor

Kita belum tahu siapa yang akan menjadi juara Wirausaha Muda Mandiri tahun ini. Minggu depan, dalam acara yang biasanya dihadiri 5.000 wirausaha muda,...


Catatan Lainnya...